Firaun anggap Ikan Lele Itu Tuhan, Ceritanya Diabadikan di Lukisan dan Patung

Minggu, 21 Januari 2024 - 17:02 WIB
loading...
Firaun anggap Ikan Lele Itu Tuhan, Ceritanya Diabadikan di Lukisan dan Patung
Firaun anggap Ikan Lele Itu Tuhan. FOTO/ NG
A A A
KAIRO - Firaun pertama Mesir , Narmer, menyukai ikan lele dan memujanya. Hal ini dapat dilihat dari berbagai artefak Mesir kuno, termasuk Pelat Narmer, yang merupakan salah satu artefak Mesir tertua yang diketahui. Pelat ini menggambarkan Narmer sebagai sosok yang memegang tongkat berkepala ikan lele.


Selain itu, ikan lele juga sering digambarkan dalam lukisan dan patung Mesir kuno. Ikan ini sering dikaitkan dengan kekuatan dan kesuburan.

Seperti dilansir dari National Geographic, orang Mesir kuno percaya bahwa ikan lele adalah simbol dari dewa kesuburan, Osiris. Ada beberapa kemungkinan alasan mengapa Narmer menyukai ikan lele dan memujanya.

Salah satu kemungkinannya adalah karena ikan lele merupakan sumber makanan yang penting bagi orang Mesir kuno.

Ikan ini juga merupakan ikan yang tangguh dan kuat, yang mungkin dikaitkan dengan kekuatan dan kekuasaan Narmer.

Kemungkinan lainnya adalah karena ikan lele memiliki simbolisme penting bagi orang Mesir kuno. Ikan ini dikaitkan dengan kesuburan, yang mungkin penting bagi Narmer karena ia ingin menyatukan Mesir dan mendirikan dinasti baru.

Apa pun alasannya, jelas bahwa ikan lele memainkan peran penting dalam budaya Mesir kuno. Ikan ini merupakan simbol kekuatan, kesuburan, dan kekuasaan.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2680 seconds (0.1#10.140)