Hiu Putih Besar vs Paus Pembunuh, Siapa Predator Nomor 1 di Laut?

Selasa, 23 Januari 2024 - 07:19 WIB
loading...
Hiu Putih Besar vs Paus Pembunuh, Siapa Predator Nomor 1 di Laut?
Paus pembunuh mengeroyok dan mengoyak tubuh hiu putih besar membuat kaget ilmuwan. Foto: ist
A A A
AFRIKA SELATAN - Seharusnya hiu putih besar adalah puncak rantai makanan. Tapi, hasil video dan foto yang diambil dari drone belakangan ini mengubah hal tersebut. Terutama, ketika sekelompok paus pembunuh secara berkelompok berburu hiu ganas tersebut dan mencabik-cabiknya.

Rekaman tersebut terjadi di Afrika Selatan . Sebuah tim ilmuwan menggunakan helikopter dan drone untuk merekam pemotretan udara pertama ketika paus pembunuh berburu dan membunuh hiu putih besar pada Mei 2022, ketika sekelompok paus pembunuh melakukan serangkaian pembunuhan selama satu jam.

Rekaman tersebut lantas menjadi makalah yang diterbitkan dalam jurnal Ecology dari The Ecological Society of America untuk mengulas lebih dalam tentang benturan antara dua predator laut utama ini.

Hiu Putih Besar vs Paus Pembunuh, Siapa Predator Nomor 1 di Laut?

Kecerdikan Orca membuat hiu putih besar tidak berdaya. Foto: ist

Alison Towner, ilmuwan hiu senior di Marine Dynamics Academy di Gansbaai, Afrika Selatan, dan penulis utama studi ini, menjelaskan bahwa para ahli biologi laut sudah lama tahu bahwa paus pembunuh dapat menyerang hiu putih besar. Namun, baru pertama kalinya terekam kamera.

"Perilaku ini belum pernah dilihat dengan detail sebelumnya, dan tentu saja belum pernah dari udara," kata Towner.

Hanya dua paus pembunuh di Afrika Selatan sebelumnya yang terkait dengan pemburuan hiu putih besar, dan hanya satu di antaranya yang diamati dalam rekaman, bersama dengan empat paus pembunuh lainnya.

Dalam dua kejadian selama pengambilan gambar, paus pembunuh mendekati hiu dengan hati-hati dan lambat.

Dan bukannya melarikan diri, hiu tetap berada di dekat paus dan tetap mengawasinya - strategi umum yang digunakan anjing laut dan penyu untuk menghindari hiu.

Namun, para peneliti percaya bahwa metode ini mungkin tidak efektif bagi hiu dalam situasi ini karena paus pembunuh berburu secara kelompok.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1094 seconds (0.1#10.140)