Spesifikasi Kapal Perusak Type 45, Andalan Angkatan Laut Inggris

Selasa, 23 Januari 2024 - 15:32 WIB
loading...
Spesifikasi Kapal Perusak Type 45, Andalan Angkatan Laut Inggris
Spesifikasi Kapal Perusak Type 45,. FOTO/ DAILY
A A A
LONDON - Spesifikasi kapal perusak Type 45 milik Inggris menjadi pembahasan menarik untuk diulas. Kapal perang ini menjadi salah satu yang paling canggih dalam inventaris militer Inggris.



Baru-baru ini, kapal perusak Type 45 dikabarkan bakal kembali mendapat peningkatan kemampuan. Menurut laporan Naval Today, salah satu tujuan proyek tersebut adalah memperkuat dan mempertahankan sistem rudal pertahanan udara Sea Viper pada Destroyer Type 45.

Lantas, seperti apakah sebenarnya spesifikasi dari kapal perusak Type 45 ini? Simak ulasannya berikut untuk mengenalnya lebih jauh.

Spesifikasi Kapal Perusak Type 45


Destroyer Type 45 menjadi salah satu kapal perang tercanggih yang dioperasikan Inggris sejak Perang Dunia II. Pada riwayatnya, kapal perusak ini digunakan sebagai suksesor Type 42 yang sudah menua.

Mengutip Naval Technology, kontrak pengembangan dan produksi awal diserahkan kepada BAE System Marine. Setelah menjalani serangkaian proses panjang, kapal ini memasuki layanan sekitar 2009.

Kapal perusak Type 45 memiliki panjang 152 m dan lebar 21,2 m. Pada penggunaannya, kapal ini diperkirakan mampu menampung hingga 235 orang.

Pada dapur pacunya, Type 35 ditenagai dua mesin WR-21. Bekal tersebut membuatnya mampu mencapai jarak 7.000 nm. Sedangkan kecepatan tertinggi yang bisa digapai lebih dari 30 k.

Salah satu misi utama dari kapal perusak seperti Type 45 ini adalah sebagai senjata perang anti-udara. Memiliki sistem senjata jarak jauh, kemampuannya sangat cocok untuk menanggulangi ancaman udara dari wilayah laut.

Persenjataan utama yang dibawakan Type 45 adalah sistem rudal anti pesawat PAAMS. Beberapa jenis rudal yang bisa digunakan seperti Aster 15 dan Aster 30.

Selain itu, kapal perusak Type 45 juga dilengkapi senjata lainnya. Misal, seperti sistem meriam kaliber 114 mm untuk pemboman area pantai dan meriam 30 mm.

Pada aspek kecanggihannya, kapal ini membawakan radar BAE System Insyte atau Thales S1850M. Sistem tersebut dapat memberi peringatan otomatis terhadap potensi serangan torpedo musuh atau saran taktis terkait manuver untuk mengalahkan ancaman.

Selain beberapa keunggulan di atas, Type 45 punya dek penerbangan dan hanggar yang bisa dipakai untuk pengoperasian satu helikopter. Fasilitas ini membuat kemampuannya semakin fleksibel lagi.

Demikianlah ulasan mengenai spesifikasi kapal perusak Type 45 milik Inggris.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0221 seconds (0.1#10.140)
pixels