Batu Asteroid Jatuh ke Bumi, Meledak di Atas Jerman

Rabu, 24 Januari 2024 - 08:08 WIB
Batu Asteroid Jatuh ke Bumi, Meledak di Atas Jerman
Batu asteroid berukuran kecil jatuh ke bumi dan meledak di atas langit Berlin, Jerman. (Foto: @X Michaelaye)
JAKARTA - Fenomena alam langka menghiasi langit malam. Batu asteroid berukuran kecil jatuh ke bumi dan meledak di atas langit Berlin, Jerman pada 21 Januari 2024.

Ledakan asteroid tersebut menciptakan bola api terang namun tidak berbahaya yang bisa terlihat dari jarak jauh. Dilansir dari Hindustan Times, Rabu (23/1/2024), asteroid tersebut diidentifikasi sebagai 2024 BXI. Asteroid ini awalnya ditemukan oleh astronom Krisztián Sárneczky.

Sárneczky bekerja di Piszkéstető Mountain Station, yang merupakan bagian dari Konkoly Observatory di Hungaria. Dengan menggunakan teleskop Schmidt 60 cm observatorium, dia berhasil mengidentifikasi batu luar angkasa tersebut. NASA merilis perkiraan lengkap lokasi dan waktu dampak meteor shortly setelah batu luar angkasa ini ditemukan.

Postingan video ledakan asteroid di X menuai beragam komentar dari netizen. Banyak yang terkejut melihat batu luar angkasa yang meledak.

"Rekaman luar biasa, sangat menikmati menontonnya. Terima kasih telah memposting," tulis salah seorang netizen.

Seorang netizen lain menambahkan, "Wow! Video hebat! Tangkapan yang menakjubkan."

"Lihatlah pantulan di air di bagian kiri bawah layar! Itu dekat. Syukurlah tidak mendarat," tulis netizen lainnya.