Spesifikasi Rudal Balistik Hyunmoo V, Amunisi Baru Korsel untuk Perkuat Angkatan Laut

Jum'at, 26 Januari 2024 - 22:22 WIB
loading...
Spesifikasi Rudal Balistik Hyunmoo V, Amunisi Baru Korsel untuk Perkuat Angkatan Laut
Spesifikasi Rudal Balistik Hyunmoo V, Amunisi Baru Korsel untuk Perkuat Angkatan Laut
A A A
SEOUL - Rudal Balistik Hyunmoo V jadi rudal baru yang dikembangkan Korea Selatan demi memperkuat pertahanannya. Rudal ini disiapkan untuk amunisi anyar Angkatan Laut Republik Korea (ROK).



Pejabat Korea Selatan baru-baru ini mengklaim bahwa Hyunmoo-V telah menjalani uji peluncuran awal tahun 2023 lalu dan pengembangannya telah selesai.

Kemudian pada akhir tahun 2023, Hanwha Aerospace akan mulai memproduksi massal rudal tersebut dengan intensitas produksi maksimal 70 unit per tahun.

Hal tersebut berkaitan dengan tujuan Militer Korea Selatan yang berencana untuk mengerahkan hingga 200 rudal di Markas Komando Rudal, dan melengkapi kapal tempur dengan senjata mumpuni.

Spesifikasi Rudal Balistik Hyunmoo V


Dilansir dari Naval News, secara spesifik, berat hulu ledak Hyunmoo V diperkirakan sekitar 8 hingga 9 ton yang merupakan yang terberat di antara rudal balistik konvensional, dan punya jangkauan minimum 300 km.

Sementara jangkauan maksimal dari rudal Korsel ini bisa capai 3.000 km dengan ukuran dan berat hulu ledak yang lebih kecil.

Hulu ledak Rudal Balistik Hyunmoo V dapat menghancurkan struktur yang lebih dalam dari 100 meter di bawah permukaan, dengan kecepatan rudal mendekati Mach 10 dalam fase menurun.

Rudal ini dirancang untuk menargetkan pusat komando bawah tanah musuh, pangkalan rudal nuklir, dan fasilitas penting lainnya selama masa konflik.

Saat menyerang suatu target, Hyunmoo-V akan mengirimkan kekuatan penghancurnya yang sangat besar ke sistem bawah tanah musuh sehingga memicu runtuhnya terowongan melalui gempa bumi buatan.

Korea Selatan secara sengaja menyiapkan rudal balistik ini untuk bisa menembus fasilitas bawah tanah milik Korea Utara, dimana saat ini Kim Jong Un disebut telah membangun lebih dari 7.000 fasilitas bawah tanah.

Hyunmoo sendiri merupakan rudal yang telah dikembangkan sejak tahun 1986 oleh Negeri Ginseng. Dimulai dari Hyunmoo-I, hingga munculnya Hyunmoo-IV, yang dikembangkan pada tahun 2020.

Itulah spesifik dari rudal balistik Hyunmoo V milik Korea Selatan, yang bakal jadi amunisi baru untuk menantang pertahanan Korea Utara.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2225 seconds (0.1#10.140)