Ahli Beberkan Keistimewaan Indra Penciuman Paus yang Tak Dimiliki Mahkluk Lain

Kamis, 01 Februari 2024 - 21:10 WIB
loading...
Ahli Beberkan Keistimewaan Indra Penciuman Paus yang Tak Dimiliki Mahkluk Lain
Keistimewaan Indra Penciuman Paus . FOTO/ DAILY
A A A
LONDON - Paus baleen mungkin memiliki kemampuan untuk mencium bau , sama seperti manusia, tetapi dengan jangkauan yang jauh lebih besar. Hal ini memungkinkan mereka untuk mendeteksi makanan dan predator dari jarak yang jauh.



Paus baleen memiliki sistem olfaktori yang kompleks, dengan sekitar 10 juta reseptor bau, yang lebih banyak daripada manusia yang memiliki sekitar 5 juta reseptor bau. Reseptor ini terletak di hidung dan langit-langit mulut.

Paus baleen menggunakan sistem olfaktori mereka untuk mendeteksi makanan, seperti plankton dan ikan. Mereka juga menggunakan bau untuk menghindari predator, seperti paus pembunuh.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa paus baleen mungkin memiliki kemampuan untuk mencium bau dalam stereo. Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari University of California, Davis.

Dalam penelitian tersebut, para peneliti menggunakan teknik pencitraan resonansi magnetik (MRI) untuk mempelajari otak paus sei.

Mereka menemukan bahwa otak paus sei memiliki struktur yang mirip dengan otak manusia, yang terkait dengan kemampuan untuk mencium bau dalam stereo.

Kemampuan untuk mencium bau dalam stereo memberikan keuntungan bagi paus baleen. Hal ini memungkinkan mereka untuk mendeteksi makanan dan predator dari jarak yang jauh, yang sangat penting untuk bertahan hidup di lingkungan laut yang luas.

Berikut adalah beberapa cara bagaimana paus baleen mungkin menggunakan kemampuan mereka untuk mencium bau dalam stereo:

Untuk mendeteksi makanan: Paus baleen dapat menggunakan bau untuk mendeteksi plankton dan ikan dari jarak yang jauh. Hal ini memungkinkan mereka untuk menemukan makanan dengan lebih efisien, bahkan di perairan yang keruh.

Untuk menghindari predator: Paus baleen dapat menggunakan bau untuk mendeteksi paus pembunuh dan predator lainnya dari jarak yang jauh. Hal ini memungkinkan mereka untuk menghindari predator dan bertahan hidup.

Untuk berkomunikasi: Paus baleen mungkin menggunakan bau untuk berkomunikasi satu sama lain. Hal ini memungkinkan mereka untuk saling memberi tahu tentang lokasi makanan, predator, dan informasi lainnya.

Masih banyak yang belum diketahui tentang kemampuan paus baleen untuk mencium bau. Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa kemampuan ini mungkin lebih kompleks dan canggih daripada yang diperkirakan sebelumnya.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1916 seconds (0.1#10.140)