Setiap Organ Tubuh Monyet Mengalami 91 Perubahan saat Hamil

Selasa, 06 Februari 2024 - 14:53 WIB
loading...
Setiap Organ Tubuh Monyet Mengalami 91 Perubahan saat Hamil
Organ Tubuh Monyet Mengalami 91 Perubahan . FOTO/ DAILY
A A A
LONDON - Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Nature Communications telah menemukan bahwa kehamilan menyebabkan perubahan besar pada hampir setiap organ tubuh pada monyet.

BACA JUGA - Ilmuwan Jerman Yakin Hutan Indonesia Pernah Dihuni Monyet Setinggi 3 Meter

Para peneliti, dari Universitas Wisconsin-Madison, mempelajari monyet rhesus selama kehamilan dan menemukan bahwa mereka mengalami perubahan pada 91 jaringan yang berbeda, termasuk otak, jantung, paru-paru, dan hati.

“Kami terkejut melihat begitu banyak perubahan yang terjadi di begitu banyak organ yang berbeda,” kata penulis senior studi tersebut, Dr. Tarnya Singh, dalam sebuah pernyataan seperti dilansir dari Science Alert, Selasa (6/2/2024).

“Ini benar-benar menunjukkan bahwa kehamilan adalah peristiwa seluruh tubuh.”

Perubahan paling signifikan diamati di otak, di mana para peneliti menemukan peningkatan jumlah sel dan koneksi saraf. Perubahan ini kemungkinan terkait dengan perubahan hormon dan perilaku yang terjadi selama kehamilan.

Para peneliti juga menemukan perubahan pada jantung, paru-paru, dan hati. Perubahan ini kemungkinan disebabkan oleh peningkatan permintaan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan janin yang sedang berkembang.

Temuan penelitian ini memberikan wawasan baru tentang efek kehamilan pada tubuh wanita. Mereka juga dapat membantu mengembangkan perawatan baru untuk komplikasi kehamilan, seperti preeklampsia dan diabetes gestasional.

Berikut adalah beberapa temuan utama dari penelitian tersebut:

Otak: Para peneliti menemukan peningkatan jumlah sel dan koneksi saraf di otak monyet hamil. Perubahan ini kemungkinan terkait dengan perubahan hormon dan perilaku yang terjadi selama kehamilan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1570 seconds (0.1#10.140)