NASA Temukan Planet Mirip Bumi, Layak Huni

Jum'at, 09 Februari 2024 - 17:22 WIB
loading...
NASA Temukan Planet Mirip Bumi, Layak Huni
Para astronom berencana menyelidiki lebih lanjut TOI-175 b dengan Teleskop Luar Angkasa James Webb. (Foto: NASA)
A A A
JAKARTA - Lembaga Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengumumkan telah menemukan planet mirip Bumi dengan ukuran 30-70 persen lebih besar. Planet tersebut berada di tata surya lain yang berjarak 137 tahun cahaya. Lokasi ini dianggap relatif dekat.

Planet ekstrasurya yang diberi nama TOI-715 b ini berhasil ditangkap menggunakan teleskop berteknologi tinggi di orbit Bumi. Menariknya lagi, planet ini mengorbit di dalam zona layak huni atau Goldilocks.

“Itulah jarak dari bintang yang bisa memberi planet ini suhu yang tepat untuk terbentuknya air cair di permukaannya. Tentu saja, beberapa faktor lain harus sejalan agar air permukaan tetap ada, terutama memiliki atmosfer yang sesuai," tulis NASA dilansir dari Mashable, Jumat (9/2/2024).

TOI-715 b mengorbit cukup dekat dengan bintangnya, setiap orbit hanya berlangsung selama 19 hari. Namun para ilmuwan tidak menganggap dunia ini seperti neraka dan terik, seperti beberapa planet ekstrasurya lainnya. Itu karena bintangnya adalah “katai merah”, yang lebih dingin dan lebih kecil dari bintang berukuran sedang, Matahari.



Para peneliti mempublikasikan deteksi planet ini di Monthly Notices of the Royal Astronomical Society. Dari jarak jutaan tahun cahaya, manusia hanya dapat melihat dunia yang jauh ini sebagai titik gelap ketika ia melintas secara berkala di depan bintang katai merahnya.

Observatorium luar angkasa yang menemukan TOI-715 b, Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) milik NASA, dirancang untuk mencari exoplanet yang transit di depan bintangnya. Hal ini mengungkapkan keberadaan planet ini dan karakteristik planet lainnya.

Dunia berbatu di sekitar katai merah yang lebih dingin adalah tempat yang ideal untuk mencari lingkungan yang berpotensi menampung kondisi yang cocok untuk kehidupan, karena mereka cenderung memiliki tahun yang lebih pendek dan orbit yang cepat ini memberikan peluang yang lebih baik untuk dideteksi oleh teleskop seperti TESS.



"Saat ini, mereka adalah pilihan terbaik untuk menemukan planet yang dapat dihuni. Saat ini, mereka adalah pilihan terbaik untuk menemukan planet yang layak huni," tulis NASA.

Para astronom berencana menyelidiki lebih lanjut TOI-175 b dengan Teleskop Luar Angkasa James Webb yang lebih kuat, sebuah observatorium yang terletak sekitar 1 juta mil dari Bumi. Webb memiliki kemampuan untuk mengintip ke dalam atmosfer planet ekstrasurya yang jauh, dan mengungkap dengan lebih baik seperti apa dunia tersebut.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1201 seconds (0.1#10.140)