Astronom Temukan Planet Mirip Bumi, Miliki Atmosfer Tapi Sepanas Neraka

Senin, 31 Januari 2022 - 16:26 WIB
Astronom Temukan Planet Mirip Bumi, Miliki Atmosfer Tapi Sepanas Neraka
Para astronom baru saja menemukan exoplanet yang memiliki atmosfer seperti bumi. Foto/Bibiana Prinoth
JAKARTA - Para astronom baru saja menemukan exoplanet yang memiliki atmosfer seperti bumi. Planet bernama WASP-189b ini berjarak 322 tahun cahaya dan mempunyai permukaan yang sangat panas dengan suhu 3.200 derakat celcius.

Meskipun sama sekali tidak layak huni, planet ekstrasurya WASP-189b adalah yang pertama di mana para ilmuwan mampu menyelidiki lapisan atmosfer yang berbeda, masing-masing dengan komposisi dan karakteristik kimianya sendiri.

Astronom Jens Hoeijmakers dari Universitas Lund di Swedia megatakan, WASP-189b adalah anggota dari salah satu subset planet ekstrasurya yang paling menarik, Jupiter panas.

"Planet ini memiliki atmosfer planet gas raksasa , kami masih mencoba memahaminya," katanya seperti dikutip Science Alert, Senin (31/1/2022).

Hoeijmakers mengatakan, WASP-189b berjarak sekitar 322 tahun cahaya, termasuk planet yang ekstrem. Ukurannya sekitar 1,6 kali ukuran Jupiter, dan mengorbit bintangnya pada periode 2,7 hari.

Bintang itu masih muda dan panas, yang berarti suhu permukaan WASP-189b mencapai 3.200 derajat Celcius di sisi siang hari dan membuat planet ini lebih panas daripada beberapa bintang.

"Kami mengukur cahaya yang datang dari bintang induk planet dan melewati atmosfer planet," jelas astronom Bibiana Prinoth dari Universitas Lund, yang memimpin penelitian.

Prinoth menjelaskan, karakteristik dariplanet ini gas-gas di atmosfernya menyerap sebagian cahaya bintang. "Ini mirip dengan ozon yang menyerap sebagian sinar matahari di atmosfer Bumi, dan dengan demikian meninggalkan 'sidik jari' karakteristiknya," katanya.