Rahasia Genetik Makhluk Laut Raksasa Akhirnya Terungkap

Minggu, 11 Februari 2024 - 16:19 WIB
loading...
Rahasia Genetik Makhluk Laut Raksasa Akhirnya Terungkap
Makhluk raksasa Hiu Megalodon. FOTO/ DAILY
A A A
LONDON - Para ilmuwan telah lama terpesona oleh makhluk laut raksasa seperti paus biru, hiu paus, dan cumi-cumi raksasa. Makhluk-makhluk ini telah berevolusi untuk mencapai ukuran yang luar biasa, dan para ilmuwan ingin memahami bagaimana mereka bisa tumbuh begitu besar.



Seperti dilansir dari Science Alert, Minggu (11/2/2024), baru-baru ini, para ilmuwan telah membuat kemajuan signifikan dalam memahami rahasia genetik makhluk laut raksasa.

Mereka telah menemukan beberapa gen yang tampaknya berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan makhluk-makhluk ini.

Salah satu gen yang paling penting adalah gen yang disebut GH. Gen ini bertanggung jawab untuk produksi hormon pertumbuhan, yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan jaringan.

Para ilmuwan telah menemukan bahwa makhluk laut raksasa memiliki versi gen GH yang lebih aktif daripada hewan lain. Hal ini memungkinkan mereka untuk tumbuh lebih cepat dan mencapai ukuran yang lebih besar.

Gen lain yang penting adalah gen IGF-1. Gen ini bertanggung jawab untuk produksi faktor pertumbuhan insulin-1, yang juga penting untuk pertumbuhan dan perkembangan jaringan.

Para ilmuwan telah menemukan bahwa makhluk laut raksasa memiliki versi gen IGF-1 yang lebih aktif daripada hewan lain. Hal ini memungkinkan mereka untuk tumbuh lebih cepat dan mencapai ukuran yang lebih besar.

Selain gen GH dan IGF-1, para ilmuwan juga telah menemukan beberapa gen lain yang tampaknya berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan makhluk laut raksasa.

Gen-gen ini masih dipelajari, tetapi mereka tampaknya terlibat dalam berbagai proses, seperti regulasi pertumbuhan sel, metabolisme, dan perkembangan organ.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1168 seconds (0.1#10.140)