Apa yang Terjadi saat Sperma Masuk Sel Telur, Ini Jawabannya

Minggu, 11 Februari 2024 - 19:00 WIB
Apa yang Terjadi saat Sperma Masuk Sel Telur, Ini Jawabannya
Sperma Masuk Sel Telur,. FOTO/ DAILY
JAKARTA - Momen saat sperma menembus sel telur merupakan proses yang rumit dan penuh dengan perubahan kimiawi. Dalam hitungan detik hingga menit, membran sel telur dan lapisan luarnya mengalami perubahan untuk mencegah sperma lain masuk.

Seperti dilansir dari Science Alert, Minggu (11/2/2024), pada saat yang sama, sperma dan sel telur saling mengenali secara kimiawi dan mulai menggabungkan membran mereka. Meskipun peristiwa ini penting, detail molekulernya masih belum sepenuhnya dipahami.

Baru-baru ini, sebuah studi dari para peneliti di ETH Zurich dan Ludwig Maximilian University of Munich di Swiss telah mengungkap seluk-beluk kompleks protein khusus yang diketahui berperan penting dalam proses pembuahan. Protein ini disebut Izumo1.

Peran Izumo1: Izumo1 membantu sperma menempel dan masuk ke dalam sel telur. Protein ini diekspresikan pada permukaan sperma dan berikatan dengan protein lain pada permukaan sel telur.

Struktur Izumo1: Para peneliti menentukan struktur 3D protein Izumo1. Pengetahuan ini dapat membantu dalam pengembangan obat-obatan baru untuk infertilitas.

Interaksi Izumo1 dengan protein lain: Para peneliti juga mengidentifikasi protein lain yang berinteraksi dengan Izumo1. Interaksi ini penting untuk proses fusi membran sperma dan sel telur.
Kesimpulan:

Penelitian ini memberikan wawasan baru tentang mekanisme molekuler yang mendasari pembuahan. Pemahaman yang lebih baik tentang proses ini dapat membantu dalam pengembangan terapi baru untuk infertilitas dan komplikasi kehamilan lainnya.