Danau Misterius Muncul Tiba-tiba di Tempat Terpanas di Dunia

Senin, 12 Februari 2024 - 06:50 WIB
loading...
Danau Misterius Muncul Tiba-tiba di Tempat Terpanas di Dunia
Danau Misterius Muncul . FOTO/ DAILY
A A A
JAKARTA - Hujan deras dan badai yang melanda negara bagian California baru-baru ini memicu fenomena tak biasa berupa munculnya sebuah danau di tempat terpanas di dunia yaitu Taman Nasional Death Valley.



NBC News melaporkan bahwa danau tersebut terbentuk di dataran Badwater Basin pada Agustus 2023 setelah Taman Nasional Death Valley, yang merupakan kawasan gurun, menyaksikan hujan lebat dan banjir bandang yang dibawa oleh Badai Hilary.

Seorang pejabat Taman Nasional Death Valley mengatakan, fenomena hujan lebat yang terus menerus selama dua minggu terakhir di negara bagian California diperkirakan akan mempertahankan keberadaan danau tersebut lebih lama dari perkiraan.

Penjaga taman, Abby Wines berkata: “Kami mengira danau ini akan hilang pada Oktober 2023. Kami terkejut ketika danau itu masih ada setelah enam bulan,” katanya.

Taman Nasional Death Valley, yang biasanya menerima curah hujan sekitar 50 milimeter per tahun, mencatat curah hujan 127 milimeter dalam enam bulan terakhir.

Selain bencana banjir yang merusak infrastruktur dan bangunan, fenomena hujan lebat juga menyisakan danau sepanjang 11,3 kilometer, lebar 6,4 kilometer, dan kedalaman 0,6 meter.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2181 seconds (0.1#10.140)