Sindir Manusia Soal Kebersihan, Harimau Pungut Sampah Botol Plastik

Senin, 19 Februari 2024 - 17:10 WIB
loading...
Sindir Manusia Soal Kebersihan, Harimau Pungut Sampah Botol Plastik
Harimau Pungut Sampah Botol Plastik. FOTO/ DAILY
A A A
JAKARTA - Rekaman video seekor harimau liar memungut wadah botol plastik di sebuah taman nasional di India baru-baru ini viral di media sosial dan 'meyakinkan' warganet untuk menjaga lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan.



Insiden tersebut terjadi di Taman Nasional Tadoba, Maharashta yang direkam oleh fotografer satwa liar, Deep Kathikar menyaksikan bagaimana harimau tersebut mengambil wadah botol plastik dari lubang air dengan mulutnya dan melemparkannya ke hadapannya.

Menurut Kathikar, kelakuan aneh harimau betina Bhanuskhindi dari Bukit Ramgegi itu terekamnya pada Desember 2023.

“Itu adalah ejekan harimau kepada manusia. Kita akan menjaga kebersihan hutan kita,” demikian keterangan dalam video tersebut.

Petugas Dinas Kehutanan India, Susanta Nanda yang juga membagikan video tersebut di akun X dan menghimbau masyarakat untuk tidak meninggalkan sampah plastik dimanapun termasuk di alam.

“Kenapa hewan harus membersihkan sampah. Tolong berhenti membawa plastik dan styrofoam ke hutan belantara,” kata Nanda dengan nada sinis seperti dilansir dari Wion News, Senin (19/2/2024).

Kemudian Nanda mengungkapkan dalam tweet lainnya bahwa harimau tersebut mengambil botol plastik dan melemparkannya ke depan mobil fotografer.

“Pesan ini jelas dan kuat bagi kita semua,” tambahnya.

Seorang pengguna media sosial menuturkan, ia kagum dengan kelakuan harimau tersebut sekaligus sedih dan malu karena seekor harimau harus membersihkan sampah peninggalan manusia.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1443 seconds (0.1#10.140)