Rusia Segera Luncurkan 40 Pesawat Luar Angkasa

Rabu, 21 Februari 2024 - 11:54 WIB
loading...
Rusia Segera Luncurkan 40 Pesawat Luar Angkasa
Roscosmos akan meluncurkan lebih dari 40 pesawat luar angkasa untuk berbagai kepentingan pada tahun 2024. (Foto: RSC Energia)
A A A
JAKARTA - Lembaga antariksa Rusia, Roscosmos, akan meluncurkan lebih dari 40 pesawat luar angkasa untuk berbagai kepentingan pada tahun 2024. Peluncuran ini akan menjadi yang pertama kali sejak 30 tahun lalu.

Rencana peluncuran pesawat luar angkasa besar-besaran ini disampaikan langsung oleh kepala Roscosmos Yuri Borisov dalam wawancara dengan portal berita Pro Kosmos, Rabu (21/2/2024).

Rusia terakhir kali tercatat meluncurkan lebih dari 40 roket pada tahun 1994. Saat itu, mereka meluncurkan 49 roket ke luar angkasa.



Dalam kesempatan ini, Yuri Borisov memastikan Rusia dan Amerika Serikat tidak akan berhenti bekerjasama di bidang penerbangan antariksa berawak bahkan setelah program Stasiun Luar Angkasa Internasional berakhir.

"Kami sedang bernegosiasi dengan rekan-rekan dari NASA bahwa meskipun kami tidak setuju di bidang astronautika berawak, kerjasama dalam hal memastikan keselamatan kegiatan antariksa akan berlanjut," kata Borisov.



Kerjasama tersebut salah satunya dalam hal penyatuan modul docking sehingga para pihak dapat membantu satu sama lain jika diperlukan.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1823 seconds (0.1#10.140)