Temuan Terbaru Ular Terbesar di Amazon Kalah Jauh dengan Nabau Kalimantan

Minggu, 25 Februari 2024 - 10:49 WIB
Temuan Terbaru Ular Terbesar di Amazon Kalah Jauh dengan Nabau Kalimantan
Spesies Ular Terbesar di Amazon. FOTO/ IFL SCIENCE
SAMARINDA - Sekelompok ilmuwan yang melakukan penelitian di hutan hujan Amazon menemukan spesies ular baru yang dikatakan sebagai yang terbesar di dunia. Namun ukuran ular tersebut masih kalau jauh dengan Nabau yang pernah muncul di Kalimantan 2009 silam.

Tim peneliti Universitas Queensland melakukan perjalanan ke hutan hujan Amazon di sebelah Ekuador untuk mencari ular anaconda hijau yang belum pernah didokumentasikan sebelumnya.

“Tim kami bergabung dengan beberapa pemburu dalam ekspedisi 10 hari di Bameno, Provinsi Baihuaeri Waorani, sebelum mengayuh menyusuri sungai untuk mencari anaconda hijau,''

“Ukuran hewan ini sungguh luar biasa. Satu anakonda betina yang kami temukan memiliki panjang 6,3 meter,” kata ahli biologi Profesor Bryan Fry yang memimpin tim seperti dilansir dari IFL Science, Minggu (25/2/024)

Tim yang sama juga mendengar rumor bahwa seekor anakonda sepanjang 7,5 meter dengan berat 500 kilogram terlihat di kawasan tersebut.

Anaconda hijau adalah ular terberat di dunia, menurut British Museum of Natural History. Menurutnya, anaconda hijau terberat yang pernah tercatat memiliki berat 227 kilogram.

Ia juga berukuran panjang 8,43 meter dan lebar 1,11 meter.

Para ahli menemukan bahwa genetika spesies anaconda hijau utara yang baru diidentifikasi menyimpang dari anaconda hijau selatan hampir 10 juta tahun yang lalu sebesar 5,5 persen.

Sebelumnya, Foto penampakan ular raksasa berenang di Sungai Baleh, Sibu, Serawak, bagian utara Kalimantan yang masuk wilayah Malaysia. Foto ular raksasa terlihat berenang melenggak-lenggok di sebuah sungai tropis yang dikelilingi oleh hutan gambut.