Tiga Bulan Baru Berhasil Ditemukan di Tata Surya

Senin, 26 Februari 2024 - 14:27 WIB
Tiga Bulan Baru Berhasil Ditemukan di Tata Surya
Tiga bulan baru yang ditemukan di tata surya, dua di Neptunus dan satu di Uranus. (Foto: NASA)
JAKARTA - Para ilmuwan berhasil menemukan tiga bulan baru di tata surya, dua di sekitar Neptunus dan satu di Uranus. Tiga bulan baru ini adalah yang paling redup yang pernah ditemukan di sekitar kedua planet raksasa es ini menggunakan teleskop berbasis darat. Penemuan tersebut membutuhkan pengambilan puluhan eksposur lima menit selama beberapa jam.

"Dibutuhkan pemrosesan gambar khusus untuk mengungkapkan objek redup seperti itu," kata Scott S. Sheppard dari Carnegie Institution for Science, yang menggunakan teleskop Magellan di Observatorium Las Campanas Carnegie Science di Chili dilansir dari Forbes, Senin (26/2/2024).

Bulan baru di Neptunus dan uranus yang berhasil ditemukan Sheppard adalah:

1. S/2023 U1, berukuran 8 kilometer, yang membutuhkan 680 hari untuk mengorbit Uranus.
2. S/2002 N5, berukuran 23 kilometer, yang membutuhkan waktu hampir 9 tahun untuk mengorbit Neptunus.
3. S/2021 N1, berukuran 14 kilometer, yang membutuhkan waktu hampir 27 tahun untuk mengorbit Neptunus.

Bulan baru di Uranus pertama kali terlihat pada 4 November. Sheppard juga menemukan bulan kecil S/2023 U1 dalam gambar yang diambilnya pada tahun 2021 menggunakan teleskop Magellan dan teleskop Subaru di Hawaii. Penemuannya ini menambah jumlah total bulan planet raksasa es tersebut menjadi 28.

Enam bulan terbesar di sekitar planet ketujuh dari matahari adalah Ariel, Umbriel, Titania, Oberon, Puck, dan Miranda, empat di antaranya diduga memiliki lautan bawah tanah. Orbiter Uranus yang diusulkan pada misi unggulan NASA kemungkinan akan berkonsentrasi untuk menemukan apakah bulan-bulan tersebut mungkin menjadi dunia lautan.

Seperti bulan-bulan yang ada, S/2023 U1 pada akhirnya akan dinamai menurut karakter dari karya William Shakespeare dan Alexander Pope. Namun, Uranus adalah satu-satunya planet di tata surya yang dinamai menurut dewa langit Yunani, yaitu ayah dari Saturnus dan kakek dari Jupiter.

Sementara Neptunus, yang baru-baru ini terungkap tidak sebiru yang diperkirakan sebelumnya, sekarang memiliki 16 bulan, yang paling terkenal adalah Triton. Ia dianggap sebagai dunia lautan dan merupakan salah satu tempat paling menjanjikan di seluruh tata surya untuk mencari tanda-tanda kehidupan.

Seperti halnya bulan-bulan Neptunus yang ada, termasuk Naiad, Thalassa, Despina, Galatea, dan Proteus, dua bulan yang baru ditemukan ini akan dinamai menurut nimfa laut Nereid dalam mitologi Yunani.

Jauh lebih sulit bagi astronom untuk menyelesaikan inventaris bulan di planet luar Neptunus dan Uranus dibandingkan dengan planet yang lebih dekat ke Bumi. Semua bulan dengan ukuran sekitar 2 kilometer telah ditemukan di Jupiter, sedangkan di Saturnus ukurannya 3 kilometer. Namun, untuk Uranus dan Neptunus, masing-masing antara 8 dan 14 kilometer. Hal ini sebagian karena Jupiter dan Saturnus telah dikunjungi beberapa kali oleh pesawat ruang angkasa, sementara Uranus dan Neptunus hanya dikunjungi sekali oleh wahana antariksa Voyager 2 milik NASA pada tahun 1986 dan 1989.

Namun, kesejajaran planet yang langka pada tahun 2030-an mungkin memberikan jendela untuk mengunjungi Uranus dan Neptunus setelah ketapel di sekitar Jupiter, meskipun pesawat ruang angkasa mana pun harus meninggalkan Bumi pada awal 2030-an untuk mencapai Uranus pada tahun 2040-an.