Mengenal Awan Vakum, Fenomena Mirip Lubang UFO di Langit

Rabu, 06 Maret 2024 - 07:37 WIB
loading...
Mengenal Awan Vakum, Fenomena Mirip Lubang UFO di Langit
Fenomena awan vakum di atas Teluk Meksiko. (Foto: British Columbia)
A A A
JAKARTA - Fenomena alam berupa lubang besar di awan acapkali disalahpahami sebagai bekas penampakan UFO , seperti peristiwa baru-baru ini yang muncul di atas Teluk Meksiko di pantai barat Florida. Padahal, penampakan tersebut adalah awan vakum. Dari atas permukaan tanah, awan-awan itu memang terlihat luar biasa, menyerupai potongan lingkaran besar.

Tak pelak, fenomena alam yang berhasil diabadikan oleh NASA pada 30 Januari 2024 itu membuat heboh. Awan-awan ini sering memicu spekulasi berasal dari piring terbang atau fenomena tidak dikenal lainnya. Namun, sejatinya fenomena ini dipicu aktivitas pesawat terbang.

Dilansir dari Interesting Engineering, Rabu (6/3/2024), fenomena awan cavum telah menarik perhatian sejak tahun 1940-an, namun baru pada tahun 2010 dan 2011 misteri tersebut mulai terpecahkan.

Sebuah tim yang dipimpin oleh ilmuwan di University Corporation for Atmospheric Research (UCAR) membongkar semua anggapan liar. Mereka menetapkan bahwa awan cavum terbentuk oleh pesawat terbang yang melintasi awan altokumulus.

Mengenal Awan Vakum, Fenomena Mirip Lubang UFO di Langit




Awan altokumulus terdiri dari tetesan air cair superdingin dan berada pada level tengah di atmosfer Bumi. Menurut sebuah blog NASA, superpendinginan terjadi ketika tetesan ini adalah air murni, menunjukkan kurangnya partikel seperti debu, dan bakteri, di sekitar mana kristal es bisa terbentuk.

Awan altokumulus menutupi sekitar 8 persen permukaan Bumi dan menjaga keadaan superdingin pada sekitar -15°C. Namun, ketika pesawat melintasi awan ini, udara berinteraksi dengan baling-baling pesawat, memicu ekspansi adiabatik.

Ekspansi ini lebih mendinginkan air dengan tambahan 20°C atau lebih, memaksa tetesan air murni ini membeku. Saat tetesan membeku, mereka bergabung, bertumbuh dalam ukuran, dan akhirnya jatuh dari langit, meninggalkan kekosongan di lapisan awan.

Saat kristal-kristal es jatuh, mereka muncul sebagai jejak-jejak presipitasi yang dianggap ethereal yang disebut virga. Jejak-jejak ini tidak pernah mencapai tanah, lebih menambah misteri awan tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1851 seconds (0.1#10.140)