Gerhana Matahari Total April 2024: Saksikan Jupiter, Venus, dan Komet Langka!

Senin, 11 Maret 2024 - 10:19 WIB
Gerhana Matahari Total April 2024: Saksikan Jupiter, Venus, dan Komet Langka!
Gerhana matahari total pada April 2024 akan jadi salah satu yang terbaik untuk disaksikan. Foto: NASA
JAKARTA - Gerhana Matahari Total akan berlangsung pada 8 April 2024 mendatang. Ini merupakan Gerhana Matahari Total terakhir yang akan terjadi lagi pada dua puluh tahun ke depan atau lebih.

Pada momen ini selain melihat keindahan Gerhana, juga dapat melihat fenomena lain. Menurut laporan WFLA, orang-orang bisa melihat pemandangan indah Jupiter, Venus, dan komet yang terjadi 71 tahun sekali.

Ini merupakan kabar gembira khususnya bagi para pengamat langit. Planet-planet tersebut akan terlihat selama Gerhana mencapai 100% dengan Venus menjadi planet yang paling menonjol.

Ia akan tampak di sebelah tenggara Matahari yang mengalami Gerhana. Jupiter juga akan terlihat selama gerhana bulan April dan akan tampak di barat laut Matahari, melansir BGR, Senin (11/3/2024).

Untuk komet sendiri merupakan komet yang dikenal sebagai komet 12P/Pons-Brooks. Pemandangan indah ini bisa dilihat di wilayah bagian utara Meksiko, Amerika Serikat, dan tenggara Kanada.

Untuk melihatnya pastikan menggunakan perlengkapan yang tepat. Dibutuhkan kacamata khusus Gerhana yang mampu menyaring sinar Matahari dan instrumen yang dilengkapi filter Matahari agar matatidakrusak.