Ini Rute Kereta Api Terpanjang di Dunia, Lintasi 13 Negara 

Selasa, 12 Maret 2024 - 09:07 WIB
loading...
Ini Rute Kereta Api Terpanjang di Dunia, Lintasi 13 Negara 
Perjalanan kereta api terpanjang di dunia dimulai dari Lagos, Portugal dan berakhir di Singapura (Foto: Reddit).
A A A
JAKARTA - Moda transportasi kereta api satu ini bisa menjadi salah satu pilihan berkeliling dunia karena melewati 13 negara. Bahkan penulis Paul Theroux membukukan perjalanan dengan kereta api tersebut dalam karyanya, The Great Railway Bazaar.

Melansir Express.co.uk, Selasa (12/3/2024) para pelancong pun banyak yang penasaran dan merencanakan seluruh perjalanan berdasarkan rute kereta api tadi.

Tentu saja rute terpanjang tadi menawarkan pemandangan indah secara tematik. Calon penumpang bisa memilih rute bertema Ekspres Reunifikasi, Kereta Danau Titicaca, dan Ekspres Trans-Siberia yang masing-masing memiliki mitologi dan cerita sendiri.

Para penggemar perjalanan kereta api kini juga ditawarkan perjalanan antarbenua, yaitu dari Portugal hingga ke Singapura. Rencana perjalanannya berdurasi sekira 21 hari.



Jadwal ini penuh pemberhentian di kota-kota dan desa-desa di sepanjang jalan. Perjalanan sebenarnya kemungkinan butuh waktu berbulan-bulan melintasi 18.755 kilometer via Eropa, Siberia, dan Asia.

Namun, perang di Ukraina membuat rute ini disetop sementara. Rute ini digantikan dengan jalur kereta api Boten-Vientiane senilai 4,7 miliar Poundsterling atau sekira Rp8 triliun yang dibangun oleh China di Laos untuk menghubungkan China dengan Asia Tenggara.



Perjalanan dimulai di ujung selatan Portugal di kota pelabuhan Lagos dan meliuk ke utara melalui Spanyol dan menuju Paris. Setelah Paris, koneksi membawa penumpang ke barat melalui Eropa hingga mencapai Moskow.

Coba pula jalur kereta api Trans- Siberia masuk ke dalam perjalanan, yang hanya memakan waktu enam malam untuk mencapai Beijing.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4515 seconds (0.1#10.140)