Spesifikasi Kendaraan Taktis Oncilla 4x4 yang Dikirim Polandia untuk Ukraina

Selasa, 12 Maret 2024 - 14:52 WIB
loading...
Spesifikasi Kendaraan Taktis Oncilla 4x4 yang Dikirim Polandia untuk Ukraina
Kendaraan taktis Oncilla 4x4 yang dimiliki Ukraina. (Foto: Mista)
A A A
JAKARTA - Spesifikasi kendaraan taktis Oncilla 4x4 menarik untuk diulas lantaran perusahaan Polandia Mista telah menyelesaikan misi membuat dan mengirim seratusan unit baru ke Ukraina . Armada tempur ini selanjutnya akan diterjunkan ke garis depan melawan Rusia.

Dilansir dari Army Guide, Selasa (12/3/2024), Oncilla 4x4 sudah dioperasionalkan oleh unit-unit pasukan Garda Nasional Ukraina. Dari sisi spesifikasi, kendaraan taktis Oncilla 4x4 dirancang untuk mengangkut regu pasukan bersenjata, memberikan dukungan tembakan dalam pertempuran, kendaraan komando, patroli, ambulans, dan bahkan sebagai kompleks anti-tank bergerak dengan sistem anti-tank.

Sementara dari sisi dimensi, Oncilla 4x4 memiliki panjang 5,45 m, lebar 2,45 m, dan tinggi 2,3 m serta ground clearance 40 cm dengan bobot kotor sekitar 8.800 kg.

Desain Oncilla 4x4 mengikuti skema otomotif dengan mesin ditempatkan di bagian depan kendaraan. Sopir duduk di sisi kiri, sedangkan komandan duduk di sisi kanan. Jendela depan dan samping memberikan visibilitas yang baik bagi keduanya. Panel instrumen di depan mereka dirancang dengan persyaratan ergonomi yang paling modern. Di belakang kursi komandan dan sopir, terdapat modul pertempuran.



Di bagian belakang kendaraan, terdapat ruang penumpang untuk 6 prajurit. Para prajurit dan penembak keluar/masuk kendaraan melalui pintu belakang di dinding belakangnya. Di atap badan ruang penumpang terdapat lubang pelarian. Untuk menembakkan senjata pribadi dari dalam kendaraan, terdapat lubang tembak yang terletak di kedua sisi dan di bagian belakang badan.

Hebatnya, kendaraan taktis Oncilla 4x4 mampu beroperasi dalam kondisi dan situasi apa pun, baik di jaringan jalan yang baik maupun di medan off-road. Oncilla 4x4 dapat melaju dengan kecepatan maksimum 120 km/jam di jalan raya dan jangkauan operasi sejauh 750 km.

Ia juga sangat lincah di tanjakan lantaran tenaga yang dimiliki serta ground clearance yang tinggi. Hal ini berkat sokongan dari dua pilihan mesin diesel yakni KM DEUTZ BF 4M 1013FC dengan tenaga maksimum 190,5 hp atau IVECO NEF 4 ENTC yang menghasilkan tenaga hingga 209,5 hp.



Para kru dan penumpang juga dapat duduk dengan tenang selama perjalanan lantaran Oncilla 4x4 dibekali perlindungan maksimal. Badan kendaraan terbuat dari lapisan baja berkualitas tinggi yang kuat, yang memberikan perlindungan terhadap amunisi peluru berpandu standar 7,62 x 51 mm. Dengan menggunakan lapisan baja tambahan, tingkat perlindungan dapat dikembangkan untuk melindungi terhadap peluru 12,7 mm standar NATO (STANAG-4269).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2371 seconds (0.1#10.140)