AS Restui Korsel Memproduksi Bahan Bakar Roket Antariksa

Jum'at, 14 Agustus 2020 - 22:08 WIB
loading...
AS Restui Korsel Memproduksi Bahan Bakar Roket Antariksa
Ilustrasi Roket milik SpaceX saat mengorbit di ruang angkasa. FOTO/ IST
A A A
SEOUL - Korea Selatan akan memproduksi bahan bakar untuk roket-roket luar angkasa, setelah dizinkan Amerika Serikat..(Baca juga: IndiHome Down, Jaringan Internet Telkomsel Melambat )

Seperti dilansir dari Daily Saint, persetujuan itu, menurut sejumlah pakar, akan memungkinkan Seoul meluncurkan satelit-satelit pemantau pertamanya dan mengembangkan teknologi untuk membangun rudal yang lebih kuat.Baca juga: Ribuan Warga Srengseng Demo Penutupan Jalan di Perumahan Intercone )

Bahan bakar padat dapat memperbesar mobilitas misil dan roket serta mengurangi waktu persiapan dalam peluncuran.

Washington selama ini telah memberlakukan pembatasan ketat terhadap Seoul karena khawatir itu dapat digunakan untuk memproduksi misil yang lebih besar dan memicu perlombaan senjata regional.

Pemerintah Korea Selatan menyatakan, Seoul dan Washington telah sepakat untuk merevisi pedoman bilateral terkait misil untuk mencabut beberapa pembatasan tersebut.

Kim Hyun-chong, Wakil Penasehat Keamanan Nasional Korea Selatan mengemukakan, “Mulai 28 Juli 2020 hari ini, Korea Selatan akan mengadopsi pedoman rudal yang direvisi dengan AS, yang mencabut beberapa pembatasan penggunaan bahan bakar padat untuk roket-roket peluncur antariksa.”

Kepada para wartawan, Kim Hyun-chong, wakil penasehat keamanan nasional itu mengemukakan, semua lembaga riset, perusahaan dan individu kini bebas mengembangkan dan memproduksi roket-roket peluncur antariksa yang menggunakan bahan bakar padat.

“Mulai hari ini, 28 Juli 2020, semua perusahaan, lembaga penelitian, perusahaan dan individu Korea Selatan kini bebas untuk meneliti, mengembangkan, memproduksi, dan memiliki tidak hanya bahan bakar cair tapi juga bahan bakar padat dan berbagai jenis roket peluncur antariksa, tanpa batasan apa pun,” tambahnya.

Kim mengemukakan, kesepakatan yang direvisi itu masih menghalangi Korea Selatan untuk memiliki misil yang berdaya jangkau lebih dari 800 kilometer. Namun, ia menyampaikan bahwa Seoul bisa mendiskusikan perubahan terkait pembatasan itu dengan Washington jika diperlukan bagi keamanan nasional Korea Selatan.

Kim juga menambahkan, bahan bakar padat tersebut jauh lebih murah daripada bahan bakar cair dan lebih berdaya guna dalam peluncuran satelit-satelit yang mengorbit dengan ketinggian yang lebih rendah. Ia kemudian mengungkapkan, Korea Selatan dapat menggunakan roket-roker berbahan bakar padat untuk meluncurkan satelit-satelit pemantau militer. Sejauh ini, Korea Selatan tidak memiliki satelit intelijen.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1192 seconds (0.1#10.140)