3 Jalan Terpanjang di Dunia, Menembus Batas-Batas Negara

Jum'at, 15 Maret 2024 - 09:05 WIB
loading...
3 Jalan Terpanjang di Dunia, Menembus Batas-Batas Negara
Jalan Raya Pan-Amerika dinobatkan sebagai jalan terpanjang di dunia. (Foto: IFL Science)
A A A
JAKARTA - Guinness World Records menahbiskan Jalan Raya Pan-Amerika sebagai jalan terpanjang di dunia, namun hal ini masih menyisakan perdebatan lantaran terputus oleh jurang bernama Celah Darién.

Di sisi lain masih ada dua jalan lain yang berjuluk jalan terpanjang di dunia, yaitu Jalan Raya Asia 1 dan Jalan Raya 1 Australia.

Terlepas dari perdebatan yang ada, dilansir dari IFL Science, Jumat (15/3/2024), berikut tiga jalan terpanjang di dunia:

1. Jalan Raya Pan-Amerika


Jalan Raya Pan-Amerika memiliki panjang sekitar 30.000 kilometer. Jalan ini melewati berbagai lanskap, melintasi batas negara, dan merasakan denyut nadi berbagai budaya.

Gagasan Jalan Raya Pan-Amerika pertama kali muncul pada tahun 1923, diusulkan oleh Amerika Serikat. Di balik visi idealis untuk menghubungkan benua, ada nuansa strategi ekonomi untuk mendongkrak penjualan mobil dan ekspor AS ke Amerika Latin.



Meskipun disepakati pada tahun 1937, pembangunannya penuh rintangan. Pada tahun 1970-an, Presiden Nixon optimistis menjanjikan penyelesaiannya, namun kenyataan berkata lain. Celah Darién, hutan lebat selebar 160 kilometer di antara Panama dan Kolombia, menjadi penghalang utama.

Upaya pembangunan di tahun 1970-an ditentang keras oleh para pencinta lingkungan karena potensi kerusakan pada keanekaragaman hayati dan komunitas adat. Ditambah lagi, kawasan ini dihantui oleh milisi bersenjata dan aktivitas ilegal, menjadikannya tempat berbahaya.

Meskipun terputus, Jalan Raya Pan-Amerika tetap diakui sebagai jalan terpanjang di dunia yang dapat dilalui kendaraan bermotor oleh Guinness World Records.

2. Jalan Raya Asia 1


Pesaing utama Jalan Raya Pan-Amerika adalah Jalan Raya Asia 1. Membentang sejauh 20.557 kilometer, rute ini menghubungkan Tokyo dengan perbatasan Turki-Bulgaria, melintasi Korea, China, Asia Tenggara, dan Timur Tengah.

Namun, Jalan Raya Asia 1 juga memiliki kendala. Laut memisahkan Jepang dan Korea Selatan, dan Zona Demiliterisasi yang ketat di Semenanjung Korea menjadi penghalang bagi sebagian besar orang.


3. Jalan Raya 1 Australia


Jalan yang sepenuhnya dapat dilalui dan terpanjang di satu negara adalah Jalan Raya 1 Australia. Mengitari seluruh pulau dengan panjang 14.500 kilometer, jalan ini memegang Rekor Guinness World of Records untuk jalan kontinu terpanjang.

Pada tahun 2018, sekelompok orang bernama tim Highway 1 to Hell menaklukkan jalan ini dalam waktu 5 hari, 13 jam, dan 43 menit. Menjelajahi jalan-jalan panjang ini bukan hanya tentang mencapai tujuan, tetapi juga tentang petualangan , penemuan budaya, dan rasa takjub di hadapan keajaiban alam yang terbentang di depan mata.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1817 seconds (0.1#10.140)