Ucapkan 12 Kata, Burung Beo Apollo Pecahkan Rekor Dunia

Senin, 12 Agustus 2024 - 07:00 WIB
loading...
Ucapkan 12 Kata, Burung...
Burung beo Apollo asal Afrika berhasil memecahkan rekor dunia. Foto/IFL Science
A A A
JAKARTA - Burung beo Apollo memecahkan rekor dunia . Gelar itu diraih setelah berhasil mengidentifikasi 12 barang dalam waktu tiga menit.

Burung berusia empat tahun asal Afrika ini sukses memecahkan rekor pada 18 Desember 2023. Kesuksesan beo ini berkat sang pemilik Dalton dan Victoria Mason sebagai pembuat konten media sosial.

Dari Florida, AS, Apollo memiliki akun TikTok Apollo dengan 2,8 juta pengikut. Melansir IFL Science, Senin (12/8/2024) videonya menarik perhatian jutaan penayangan. Akun YouTube-nya pun memiliki lebih dari 1,3 juta pelanggan.

Unsur yang memengaruhi penilaian Apollo dianggap layak memecahkan rekor termasuk menyebutkan hal-hal seperti "serangga", "buku", dan "kaus kaki".



"Tidak ada yang tahu apa yang akan dipelajari Apollo, atau rekor apa yang bisa dia pecahkan selanjutnya," ujar Mason kepada Guinness World Records.

Apollo pertama kali tinggal bersama pemiliknya pada 2020 setelah mereka menemukannya di sebuah toko hewan peliharaan. Dia juga berbagi rumah dengan dua burung beo berdada putih bernama Soleil dan Ophelia, yang kadang-kadang juga tampil dalam video.

Sejak kedatangannya, pasangan itu telah melatihnya dengan metode Dr Irene Pepperberg dan hadiah favoritnya, kacang pistachio. Dr Pepperberg terkenal di kalangan ahli perilaku hewan karena pekerjaannya dengan burung beo abu-abu bernama Alex.



Alex sangat cerdas dan di antara banyak pencapaiannya bisa menghitung sampai enam, dan mengetahui kata-kata untuk semua jenis objek dan warna.

Dia dilatih dalam metode yang juga digunakan oleh pemilik Apollo untuk mengajarnya. Cara ini melibatkan diajarkan oleh satu orang, dengan orang lain belajar bersamanya dan mencontohkan respons yang benar. Namun, tidak ada rutinitas ketat untuk pembelajarannya dan Apollo bebas memilih subjeknya sendiri.

"Kami mengajarinya sebanyak mungkin dalam kehidupan sehari-hari dan fokus pada hal-hal yang ingin difokuskan Apollo. Kami percaya dia akan belajar lebih cepat dengan cara itu," kata Mason.

Victoria dan Dalton Mason ingin menyebarkan kesadaran tentang kecerdasan alami yang ditemukan pada hewan. Meskipun baru-baru ini seekor anjing menyalakan api di rumah dengan mengunyah power bank, babon, jerapah, dan ikan semuanya telah ditemukan memiliki tingkat kecerdasan yang sebelumnya dianggap hanya dimiliki oleh manusia.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1895 seconds (0.1#10.140)