Kenapa Ikan Koi Suka Melompat? Ini Jawabannya

Jum'at, 15 Maret 2024 - 17:04 WIB
loading...
Kenapa Ikan Koi Suka Melompat? Ini Jawabannya
Ikan Koi. FOTO/ DAILY
A A A
JAKARTA - Tidak sedikit yang bertanya-tanya kenapa ikan koi suka melompat dari kolam. Terlebih baru-baru ini viral di media sosial X cuplikan video yang menampilkan ikan koi melompat dan berdiri di permukaan air tak karuan seperti seekor lumba-lumba yang sedang beratraksi.



Alasan kenapa ikan koi suka melompat ini membuat banyak orang penasaran. Lantas kenapa ikan koi suka melompat? Tanpa berlama-lama lagi, berikut adalah penjelasannya, seperti dihimpun dari berbagai sumber pada Jumat (15/3/2024).

Sebagai makhluk hidup, ikan koi juga memiliki perasaan dan mood yang mempengaruhi perilakunya. Untuk perilakunya yang suka melompat, biasanya terjadi ketika mereka membutuhkan lebih banyak oksigen karena air di kolam tidak mempunyai cukup aerasi.

Ikan koi akan sering melompat keluar dari air untuk mengambil udara.Mereka akan menghirup udara di bagian atas air atau mungkin melompat keluar dari kolam untuk mencari oksigen yang lebih baik jika lingkungannya kekurangan kadar oksigen.

Selain itu, ikan koi juga merupakan ikan yang penuh rasa ingin tahu. Rasa ingin tahu ini dapat membuat mereka keluar dari air jika mereka melihat sesuatu yang cukup menarik minat mereka sehingga mereka mencoba dan melihat lebih dekat.

Kolam yang terlalu padat juga bisa menjadi penyebab lain ikan koi melarikan diri, terutama saat musim kawin ketika ikan koi jantan menjadi lebih agresif. Hal ini juga bisa menjadi penyebab berkurangnya oksigen, penumpukan limbah, dan stres tambahan yang berkorelasi langsung dengan kemungkinan infeksi virus atau bakteri, terutama jika koi terluka.

Perilaku ikan koi yang suka melompat juga bisa disebabkan karena terkena penyakit. Selain itu bisa juga karena adanya predator, perubahan kualitas air, atau juga karena sedang beradaptasi dan bermain dengan ikan koi lainnya.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1622 seconds (0.1#10.140)