Penelitian Terbaru, Ini Batas Umur Maksimum Manusia

Sabtu, 30 Maret 2024 - 15:02 WIB
loading...
Penelitian Terbaru, Ini Batas Umur Maksimum Manusia
Taman Makam Nasional Arlington di Washington DC. (Foto: Hotel.com)
A A A
JAKARTA - Sebuah penelitian menemukan batas umur maksimum manusia. Penelitian yang dilakukan di Belanda ini menemukan batas umur maksimum untuk perempuan mencapai 115,7 tahun. Untuk pria, angkanya sedikit lebih rendah, yaitu 114,1 tahun.

Kesimpulan ini didapat oleh ahli statistik di Universitas Erasmus Tilburg dan Rotterdam yang mempelajari data dari 75.000 orang yang meninggal di Belanda dalam 30 tahun terakhir.

"Rata-rata, orang hidup lebih lama, tetapi orang paling tua di antara kita tidak menjadi lebih tua selama 30 tahun terakhir. Pasti ada semacam batasan di sini. Tentu saja, harapan hidup rata-rata meningkat. Namun, batas maksimum belum berubah," ujar salah satu peneliti Profesor John Einmahl, dikutip oleh Medical Express, Sabtu (30/3/2024).

Perlu dijelaskan bahwa indikator ini bukan tentang harapan hidup, tetapi tentang rentang hidup untuk menentukan berapa lama individu tunggal dapat hidup selama mereka menjaga diri mereka sendiri.



Temuan ini berkorelasi dengan penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat. Para peneliti menemukan rentang hidup serupa. Mereka menetapkan bahwa rentang hidup maksimum seseorang mencapai titik jenuh di usia 90-an dan kemungkinan tidak akan pernah melebihi 115 tahun.

Angka-angka ini bertolak belakang dengan kisah hidup wanita Prancis Jeanne Louise Calment yang hidup hingga 122 tahun. Pemegang rekor dunia ini orang tertua yang pernah hidup, lahir pada 1875 dan meninggal pada 1997.



Apakah pencapaiannya akan terlampaui masih belum diketahui, tetapi Einmahl bertujuan untuk menerbitkan penelitiannya dalam waktu sekitar satu bulan ke depan, yang mungkin mengungkapkan kunci untuk hidup lebih lama.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4412 seconds (0.1#10.140)