Fisikawan Temukan Cara Mencairkan Material Apa Pun

Selasa, 02 April 2024 - 19:25 WIB
loading...
Fisikawan Temukan Cara Mencairkan Material Apa Pun
Cara Mencairkan Material Apa Pun. FOTO/ IFL SCIENCE
A A A
LONDON - Seorang ilmuwan mengklaim telah menemukan rumus universal yang dapat memprediksi suhu dan tekanan yang diperlukan untuk mencairkan material apa pun.

BACA JUGA - Fisikawan China Tantang Kehebatan Kuantum Google

Penemuan ini, jika terbukti benar, dapat memiliki implikasi besar bagi berbagai bidang, mulai dari desain obat hingga teknik tingkat lanjut.

Seperti dilansir dari IFL Sxience, Selasa Selasa (2/4/2024), suhu di mana suatu material meleleh bergantung pada tekanan yang diberikan.

Biasanya, diagram fase suhu-tekanan digunakan untuk menunjukkan kondisi di mana suatu material akan berwujud padat, cair, atau gas. Garis leleh menandai batas antara padat dan cair.

Profesor Kostya Trachenko dari Universitas Queen Mary mengklaim telah menemukan persamaan parabola sederhana yang dapat menggambarkan garis leleh. Persamaan ini memungkinkan para ilmuwan untuk memprediksi garis leleh tanpa perlu melakukan eksperimen yang mahal dan berbahaya.

Meskipun Trachenko telah menerbitkan teorinya dalam sebuah buku dan jurnal ilmiah, beberapa ilmuwan masih belum yakin. Dr Sergey Kharpak dari Pusat Dirgantara Jerman mengatakan bahwa diperlukan pengujian lebih lanjut untuk memastikan bahwa teorinya benar.

Penemuan Trachenko, jika terbukti benar, dapat menjadi terobosan besar dalam bidang sains material. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memvalidasi teorinya.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1406 seconds (0.1#10.140)