Hasil Investigasi DNA, Ilmuwan Yakin Harimau Jawa Bersembunyi di dalam Hutan

Selasa, 02 April 2024 - 20:03 WIB
loading...
Hasil Investigasi DNA, Ilmuwan Yakin Harimau Jawa Bersembunyi di dalam Hutan
Jejak Harimau Jawa ditemukan FOTO/ IFL SCIENCE
A A A
BANDUNG - Analisis DNA terbaru menunjukkan bahwa Harimau Jawa ( Panthera tigris sondaica), yang sebelumnya dinyatakan punah, mungkin masih ada di alam liar. Hal ini dinyakini sekelompok ilmuwan usai penemuan rambut Harimau Jawa di pedalaman hutan Jawa Barat.

BACA JUGA - Di Hutan-hutan Angker Ini Harimau Jawa Pernah Terlihat


Harimau Jawa (Panthera tigris sondaica) dikategorikan sebagai Punah dalam Daftar Merah IUCN pada tahun 2008.

Sejak saat itu, terdapat beberapa observasi potensial, yang masing-masingnya tidak memiliki bukti substantif yang mendukungnya.

Namun, pada tahun 2019, penduduk setempat melihat apa yang mereka anggap sebagai harimau jawa di dekat desa Cipendeuy di hutan Sukabumi Selatan, Jawa Barat, disertai jejak kaki dan bekas cakaran. Mereka mengumpulkan sehelai rambut dari pagar terdekat.

Analisis terhadap rambut ini menunjukkan bahwa ia milik harimau jawa, meski diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan keberadaannya.

“Apakah harimau Jawa benar-benar masih ada di alam liar perlu dikonfirmasi dengan studi genetik dan lapangan lebih lanjut,” tim menyimpulkan dalam penelitian mereka.

Kalangan pelaku pelestarian lingkungan Indonesia memang masih hidup dan masih hidup.
yakin Harimau Jawa masih bersembunyi di dalam Hutan.

“Penelitian ini memicu spekulasi bahwa harimau jawa masih hidup di alam liar,” kata Satyawan Pudyatmoko, pejabat kementerian yang mengawasi konservasi, kepada Reuters.

“Kami telah mempersiapkan dan akan mempersiapkan upaya untuk meresponsnya.” tegasnya.

Menurut Reuters, upaya tersebut termasuk memasang kamera jebakan dan melakukan pemindaian DNA secara ekstensif, serta meminta saran dari pakar genetika untuk mengidentifikasi hewan apa pun yang mungkin tersisa di alam liar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0954 seconds (0.1#10.140)