Daftar Satwa yang Punah Muncul Kembali di Indonesia, Salah Satunya Harimau Jawa

Rabu, 03 April 2024 - 12:55 WIB
loading...
Daftar Satwa yang Punah Muncul Kembali di Indonesia, Salah Satunya Harimau Jawa
BRIN menyatakan bulu harimau yang ditemukan di Sukabumi pada 2019 mirip DNA harimau Jawa. (Foto: The Independent)
A A A
JAKARTA - Satwa di Indonesia mempunyai fase kepunahan. Namun ada beberapa yang punah lalu muncul kembali. ProFauna Indonesia melansir pada 2022, Indonesia memiliki sebanyak 300.000 jenis satwa liar atau sekitar 17 persen satwa di dunia berada di Indonesia.

Faktanyalebih dari 500 spesies yangterancam punahdi Indonesia yang terdiri dari 184 jenis mamalia, 119 jenis burung, 32 jenis reptile, 32 jenis amfibi, dan 140 jenis lainnya terancam punah.

Penyebab kepunahan satwa karena perburuan dan perdagangan satwa liar serta kerusakan habitat asli satwa. Momen kepunahan beberapa spesies satwa ini ternyata seiring dengan kemunculan kembali beberapa spesies yang punah.

Melansir dari Goodnet danInternational Union for Conservation of Nature (IUCN), Rabu (3/4/2024) berikut daftar hewan yang sudah punah namun muncul kembali di Indonesia.


1. Harimau Jawa


Tim Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) pada Maret 2024 menyatakan bulu harimau yang ditemukan di Sukabumi pada 2019mirip dengan DNA milik Panthera tigris sondaica atau Harimau Jawa . Temuan ini menjadi bukti dugaan bahwa spesies Harimau Jawa ini masih bertahan hidup dan berkeliaran di hutan Indonesia.

2. IkanCoelacanth


Salah satu jenis ikan purba yang telah dinyatakan punah. Ikan yang hidup 400 tahun lalu ini bahkan menjadi fosil di beberapa museum hewan purba di dunia.

Keberadaannya pertama kali dideteksi kembali di lautan Afrika Selatan pada 1938. Ikan ini juga pernah ditemukan di perairan Indonesia pada 1998 oleh nelayan setempat dengan jenisLatimeria menadoensis atau ikan raka laut. Status ikan ini kemudian menjadi dilindungi melalui Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada 2018.


3. Tarsius kerdil


Jenis primata nocturnal yang ditemukan di Sulawesi Tengah. Hewan mungil seberat 2 ons ini dinyatakan punah pada awal abad ke-20. Ekspedisi tim 2008 ternyata menemukan primata ini muncul kembali. Tampilannya di tengah hutan dilaporkan seperti tokoh Yoda dalam filmStar Wars.

4.Burung Pelanduk Kalimantan


Burung bernama lainBlack-Browed Babblerini dinyatakan punah pada 1850 atau sekitar 170 tahun yang lalu. Kemunculannya terlihat oleh dua orang warga Banjarmasin yang tengah menyisir hutan demi mencari beberapa tanaman.

Awalnya mereka tidak mengetahui dan tidak pernah melihat burung itu di hutan, lalu mereka berinisiatif untuk menangkapnya dan mengabadikannya lalu melepaskannya kembali. Mereka pun mengirimkan foto burung Pelanduk itu ahli ornitologi lokal BW Galeatus dan Birdpacker yang ada di Kalimantan.

5. Anjing Bernyanyi Papua


Hewan asal Papua ini kembali ditemukan dengan berkelompok oleh seorang pemuda asal Yogyakarta pada 2020 setelah lima dekade dinyatakan punah. Foto dan video penampakan anjing bernyanyi tersebut diambil di dataranGrasberg pada ketinggian 4.000 mdpl. Anjing ini tidak menggonggong tapi melolong seperti serigala.

Para peneliti Indonesia yang dibantu oleh para peneliti dariNew Guinea Highland Wild Dog Foundation (NGHWDF) mengonfirmasi kalau Anjing Bernyanyi Papua masih belum dinyatakan punah 100 persen.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1802 seconds (0.1#10.140)