Temuan Tengkorak Monster Laut Raksasa Pecahkan Rekor Dunia

Selasa, 09 April 2024 - 15:02 WIB
loading...
Temuan Tengkorak Monster Laut Raksasa Pecahkan Rekor Dunia
Tengkorak Monster Laut Raksasa . FOTO/ IFL SCIENCE
A A A
LONDON - Pada tahun 2023, dunia dikejutkan oleh penemuan tengkorak pliosaurus berusia 150 juta tahun. Tengkorak ini ditemukan di ketinggian 12 meter (39 kaki) di atas tebing di sepanjang Jurassic Coast, Inggris.

BAC JUGA - Misteri Fosil Dinosaurus Terkecil di Dunia Terungkap

Hewan ini adalah pliosaurus, reptil laut purba yang memiliki kekuatan gigitan lebih kuat dari Tyrannosaurus rex. Tengkorak ini baru saja diakui oleh Guinness Book Of World Records sebagai tengkorak pliosaurus terlengkap di dunia.

Dijuluki "SeaRex", tengkorak pliosaurus ini memiliki 95 persen kelengkapan permukaan. Hal ini menjadikannya tengkorak pliosaurus terlengkap yang pernah ditemukan di planet ini.

Tengkorak ini berisi hampir seluruh tulang aslinya, dengan 130 gigi runcing yang masih saling bertautan, sama seperti saat pliosaurus ini berenang di lautan 150 juta tahun yang lalu.

Dr Judyth Sassoon dari Universitas Bristol, seorang pakar pliosaurus, mengatakan kepada Guinness World Records, "Saya telah mempelajari banyak pliosaurus Kimmeridgian, tetapi belum pernah melihat satu pun yang terawetkan sebaik ini. Tengkorak ini berisi banyak detail anatomi dalam satu spesimen yang hanya ditemukan sebagian terawetkan di spesimen lain."

Tengkorak ini ditemukan oleh Phil Jacobs, seorang penggila fosil, yang menemukan moncong pliosaurus di pantai di Dorset. Dia merekam video dan mengirimkannya kepada ahli fosil Steve Etches MBE, pemilik Koleksi Etches, tempat tengkorak pliosaurus ini akan dipajang.

Etches menceritakan kisahnya kepada IFLScience, "Kami memasang drone dan memindai sepanjang tebing, dan kemudian menemukan apa yang tampak seperti bagian lainnya yang menonjol. Kami perlu memastikannya, jadi itu berarti perjalanan menuruni tebing dengan tali untuk benar-benar turun dan melihatnya. Dari sana, kami menyadari bahwa tengkorak tersebut terawetkan secara terbalik dan itulah alasannya terlihat sangat aneh."

Etches menambahkan, "Tidak butuh waktu lama untuk benar-benar menemukan di mana benda itu berada, tapi benda itu berada tepat di tengah tebing. Dan Anda berpikir, 'Ya Tuhan.' Anda melihat program-program ini dan mereka berada di tambang dan itu sangat mudah, dan mereka minum teh dan menyikat gigi – saya dapat memberitahu Anda bahwa ini bukanlah hal yang seperti itu."

Proses penggalian tengkorak setinggi 2 meter (6 kaki) dari tebing diceritakan dengan sangat rinci dalam program BBC Attenborough And The Giant Sea Monster.

Sir David Attenborough, yang terkenal dengan kecintaannya pada fosil, tampak terpesona oleh penemuan ini, menunjukkan betapa luar biasa dan pentingnya penemuan tengkorak SeaRex ini.

Penemuan tengkorak SeaRex merupakan penemuan yang luar biasa dan penting. Tengkorak ini memberikan informasi berharga tentang pliosaurus, raksasa laut purba yang pernah menguasai lautan.

Penemuan ini juga menunjukkan dedikasi dan kerja keras para penggila fosil dan ahli paleontologi dalam upaya mereka untuk memahami sejarah planet kita.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1623 seconds (0.1#10.140)