Apa itu Dabbah? Hewan yang Sering Dikaitkan dengan Hari Kiamat

Jum'at, 12 April 2024 - 18:43 WIB
loading...
Apa itu Dabbah? Hewan yang Sering Dikaitkan dengan Hari Kiamat
Hewan yang Sering Dikaitkan dengan Hari Kiamat. FOTO/ DAILY
A A A
JAKARTA - Dabbah , hewan yang sering dikaitkan dengan hari kiamat menarik diketahui. Bagi sebagian orang khususnya umat Islam, hewan satu ini biasa dikenali sebagai salah satu tanda kehancuran alam semesta atau kiamat.



Pada berbagai agama atau kepercayaan di dunia, mereka meyakini adanya hari akhir atau kiamat. Hal ini juga termasuk bagi pemeluk Islam di dunia.

Sebagaimana agama-agama lain, umat Muslim juga meyakini sejumlah tanda-tanda semakin dekatnya hari kiamat. Salah satunya adalah tentang kemunculan makhluk mengerikan seperti binatang bernama Dabbah.

Lantas, apa itu sebenarnya Dabbah? Simak ulasannya berikut ini untuk mengenalnya lebih jauh.

Dabbah, Hewan yang Dikaitkan dengan Hari Kiamat


Dabbah sering disebutkan sebagai jenis binatang melata yang berasal dari bumi. Salah satu pendapat pernah mengatakan kelak datangnya dari Makkah, Arab Saudi.

Menurut kepercayaan umat Muslim, Dabbah ini kelak akan bisa berbicara kepada manusia. Adapun kemunculannya sendiri menjelang kiamat telah disampaikan berbagai hadis-hadis sahih.

Umumnya, hewan melata mungkin akan merujuk pada kelompok reptil seperti ular, kadal, buaya, dan lainnya. Namun, menurut penjelasan para ulama dan ahli tafsir, hewan yang dipercaya bakal muncul menjelang kiamat ini berbeda dengan jenis reptil yang selama ini dikenali.

Berkaitan dengan ciri-cirinya, ada sejumlah sumber populer yang biasa didengar oleh umat Muslim. Menurut Ibnu Abbas misalnya, Dabbah ini adalah hewan melata berbulu, memiliki kaki empat dan larinya kencang seperti kuda balap.

Sementara Abu Maryam pernah mendengar Abu Hurairah mengatakan bahwa Dabbah itu punya bulu yang beraneka ragam. Semua warna ada pada bulunya dan jarak antara satu ujung tanduk ke ujung tanduk lainnya sama dengan jarak satu farsakh (saking besarnya).

Lebih jauh, Ibnu Abbas menambahkan bahwa Dabbah ini bentuknya seperti tombak yang sangat besar. Saking besarnya, selama tiga hari sepertiga dari tubuhnya masih belum muncul (dari bumi).

Belum selesai, Ibnu Juraij yang meriwayatkan dari Ibnuz Zubair menggambarkan Dabbah memiliki kepala seperti banteng, mata seperti babi, telinga seperti gajah, tanduknya seperti kijang jantan, leher seperti burung unta (panjang), dada seperti dada singa, warna seperti macan tutul, pinggangnya mirip dengan pinggang kucing hutan, ekornya seperti ekor biri-biri, dan kaki-kakinya seperti kaki unta. Selain itu, kelak ia membawa tongkat Nabi Musa dan cincin Nabi Sulaiman.

Demikianlah gambaran mengenai Dabbah, hewan yang dikaitkan dengan hari kiamat bagi Umat Muslim.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2490 seconds (0.1#10.140)