Ini Laut Terasin di Dunia, Memiliki Daya Apung Besar

Sabtu, 13 April 2024 - 12:05 WIB
loading...
Ini Laut Terasin di Dunia, Memiliki Daya Apung Besar
Laut Tengah dijuluki laut terasin di dunia. (Foto: NASA)
A A A
JAKARTA - Air laut memang asin. Tapi Laut Tengah memiliki kandungan garam lebih ketimbang lautan lainnya sehingga dijuluki laut terasin di dunia. Wilayah perairan yang dikenal sejak zaman Homerus ini memainkan peran sentral dalam sejarah peradaban Barat.

Bukti geologi menunjukkan sekitar 5,9 juta tahun lalu, Laut Tengah terputus dari Atlantik dan sebagian atau seluruhnya mengering selama periode sekitar 600.000 tahun selama krisis salinitas Messinian, sebelum diisi kembali oleh banjir Zanclean sekitar 5,3 juta tahun lalu.

Lantaran airnya lebih asin, daya apung Laut Tengah juga lebih besar ketimbang laut lainnya. Uniknya lagi, karena kandungan garamnya terus bertambah, Laut Tengah semakin asin dari hari ke hari.

Greek Reporter, Sabtu (13/4/2024) melansir, sebagian besar air laut memiliki sekitar 35 gram (7 sendok teh) garam dalam setiap 1.000 gram (sekitar satu liter) air. Ini tidak terdengar banyak sama sekali, tetapi dibutuhkan hampir dua kontainer penuh garam untuk membuat kolam renang ukuran Olimpiade menjadi asin seperti laut rata-rata.



Laut Tengah tidak hanya lebih asin daripada kebanyakan laut, tetapi juga tidak menunjukkan tanda-tanda untuk membalikkan tren itu dalam waktu dekat. Salinitas lautan bervariasi dari satu tempat ke tempat lain, terutama di permukaan, sebagian besar air laut memiliki salinitas antara 34 per mil (ppt) dan 36 ppt.

Perbedaan antara 34 ppt dan 36 ppt dalam salinitas tidak terdengar banyak, tetapi itu cukup untuk menyebabkan perbedaan densitas. Bahkan air laut yang sedikit lebih padat akan tenggelam di bawah air yang kurang padat.

Laut Tengah, bagaimanapun, memiliki salinitas yang sangat tinggi, 38 ppt atau lebih. Laut ini hampir tertutup dari Samudra Atlantik, dan ada penguapan tiga kali lebih banyak daripada hujan atau air tawar yang mengalir ke dalamnya dari sungai.

Selain itu, karena suhu tinggi di wilayah Mediterania, penguapan di Laut Tengah terjadi jauh lebih cepat daripada di badan air lainnya, meninggalkan lebih banyak garam saat molekul air tawar naik darinya dan memasuki atmosfer.

Air Laut Tengah yang hangat, padat, dan asin digantikan oleh air Atlantik yang jauh lebih tidak asin yang mengalir melalui Selat Gibraltar. Air yang masuk ke Laut Tengah dari Atlantik biasanya berada di Laut tersebut selama 80 hingga 100 tahun sebelum kembali ke Samudra Atlantik, menurut para peneliti.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1284 seconds (0.1#10.140)