Ini Laut Terasin di Dunia, Memiliki Daya Apung Besar

Sabtu, 13 April 2024 - 12:05 WIB
loading...
A A A


Laut Tengah kehilangan air tawar tiga kali lebih banyak dari penguapan daripada yang didapat dari banyak anak sungainya - bahkan termasuk sungai raksasa seperti Nilus, dan sungai Po, Rhone, Ebros, Tiber, Ceyhan, Seyhan, Adige, Neretva, dan Drin-Bojana yang sedikit lebih kecil.

Bahkan, Laut Tengah akan mengering seluruhnya seperti yang terjadi lebih dari sekali di masa lalu jika bukan karena jumlah air yang masuk melalui Selat Gibraltar.

Para ilmuwan telah menemukan bahwa garam dan sedimen di dasar Laut Tengah membuktikan bahwa pada beberapa kesempatan sepanjang sejarah, Laut Tengah memang telah mengering, meninggalkan lapisan garam yang besar di belakangnya.

Pada saat itu Selat Gibraltar tertutup, menghentikan aliran air antara Samudra Atlantik dan Laut Tengah. Selama apa yang disebut oleh para peneliti sebagai Krisis Salinitas Messinian, peristiwa geologi yang terjadi dari 5,96 hingga 5,33 juta tahun yang lalu selama Epos Miosen, Laut Tengah mengalami siklus pengeringan sebagian atau hampir seluruhnya. Ini memungkinkan migrasi mamalia, termasuk unta, ke Eropa. Cekungan itu kemudian terisi kembali dengan air dari Atlantik selama apa yang disebut Banjir Zanclean.

Hingga kini, Laut Tengah masih merupakan salah satu perairan paling asin di dunia. Data menunjukkan salinitas rata-rata dari 27 Mei hingga 2 Juni 2012, dalam kisaran 30 hingga 40 gram per kilogram, dengan 35 gram sebagai rata-rata.
(msf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.5834 seconds (0.1#10.140)