Peneliti Temukan Danau Air Asin di Planet Mars

Jum'at, 02 Oktober 2020 - 23:01 WIB
loading...
Peneliti Temukan Danau Air Asin di Planet Mars
Elena Pettinelli, salah satu penulis penelitian menjelaskan, penemuan tiga danau itu merupakan pengembangan dari penemuan badan air yang stabil di Mars pada 2018. FOTO/ IST
JAKARTA - Penelitan terbaru yang telah dipublikasikan di jurnal Nature Astronomy mengungkapkan, bahwa ada tiga danau bawah tanah yang memiliki kandungan air cukup banyak di Planet Mars.(Baca juga: Bupati Semarang Dipecat, Gerbong PDIP Bulat Dukung Ngebas )

Tiga danau itu berada di dekat Ultimi Scopuli atau kutub selatan Planet Mars . Hal terbaru yang ditemukan adalah danau tersebut mengandung air asin.

Mengutip dari RT.com, Kamis (1/10/2020), danau itu ditemukan oleh para peneliti dari Tre University, Roma, Italia. Penelitian dilakukan dengan menggunakan prosedur pemrosesan sinyal.(Baca juga: Studi 35 Tahun: Kekebalan Manusia Terhadap Virus Corona hanya Sebentar )

Biasanya, aktivitas serupa digunakan untuk penelitian lapisan es kutub di Bumi, seperti wilayah Antartika, Kanada, dan Greenland.



Kelompok peneliti itu berhasil mengambil kesimpulan, setelah menganalisa data yang dikirim oleh Mars Advanced Radar for Subsurface and lonosphere Sounding (MARSIS).

Elena Pettinelli, salah satu penulis penelitian menjelaskan, penemuan tiga danau itu merupakan pengembangan dari penemuan badan air yang stabil di Mars pada 2018.

Menurut laporan Fox News, ketiga danau itu berukuruan sekitar 6 mil dan berada sekitar 12 mil dari danau yang ditemukan pada 2018.

Ketiganya dinilai berpotensi menjadi rumah bagi kehidupan mikroba, yang keberadaannya selama ini diketahui di embun beku dalam kondisi ekstrim.

Pada Januari lalu, sekelompok peneliti lainnya menyimpulkan bahwa air di planet Mars mengandung bahan yang tepat untuk mendukung kehidupan.

Sementara pada bulan lalu, peneliti lainnya menemukan keberadaan molekul orgnaik yang konsisten dengan kehidupan.
(wbs)
preload video
KOMENTAR ANDA