Selain Harta Karun, Tenyata Ini yang Membuat Gua Kitum Menjadi Tempat Mematikan

Jum'at, 19 April 2024 - 12:49 WIB
loading...
Selain Harta Karun, Tenyata Ini yang Membuat Gua Kitum Menjadi Tempat Mematikan
Gua Kitum. FOTO/ DAILY
A A A
CAPE TOWN - Gua Kitum di Kenya menjadi terkenal karena tragedi meninggalnya dua pengunjung akibat virus Marburg pada tahun 2022. Kejadian ini menggemparkan dunia dan membawa perhatian besar pada gua tersebut.



Terletak di Taman Nasional Gunung Elgon di Kenya, Gua Kitum memiliki sejarah yang mengharukan sekaligus mengerikan.

Dinding gua dipenuhi bekas dan goresan – namun meskipun terlihat seperti karya para penambang yang mencari emas atau berlian, sebenarnya itu adalah goresan yang ditinggalkan oleh hewan karena kandungan garamnya di dinding goa.

Karena garam yang ditemukan di dinding gua, Kitum diyakini telah menarik berbagai hewan, termasuk antelop dan gajah yang ingin menggunakan gua tersebut sebagai tempat menjilat garam raksasa.

Gajah-gajah yang berjalan melewati gua-lah yang meninggalkan bekas di dinding dan membantu membuat lorong – tetapi dengan melakukan itu, mereka juga semakin mengungkap sisi gelap gua.

Pada tahun 1980-an, Gua Kitum menjadi terkenal setelah dua pengunjungnya meninggal dunia akibat tertular virus mematikan bernama Marburg.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, virus ini adalah ‘penyakit sangat mematikan yang menyebabkan demam berdarah’ – suatu kondisi yang merusak sistem kardiovaskular dan mengurangi kemampuan tubuh untuk berfungsi.

Menurut WHO, virus ini memiliki rasio kematian hingga 88 persen dan merupakan bagian dari keluarga yang sama dengan virus penyebab Ebola.

Ketika seseorang terinfeksi virus ini, virus ini dapat menyebar melalui manusia melalui kontak langsung dengan darah, sekresi, organ atau cairan tubuh lainnya, serta melalui permukaan dan bahan yang terkontaminasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2163 seconds (0.1#10.140)