Ilmuwan Kaitkan Kematian 2 Pemburu dengan Teror Rusa Zombie

Selasa, 23 April 2024 - 23:20 WIB
loading...
Ilmuwan Kaitkan Kematian 2 Pemburu dengan Teror Rusa Zombie
Teror Rusa Zombie. FOTO/ z100missoula
A A A
TEXAS - Para ilmuwan mengungkapkan keprihatinannya terkait kematian dua pemburu di Amerika Serikat (AS) yang diyakini terkait dengan penyakit 'rusa zombie'.



Kedua pemburu tersebut tewas setelah memakan daging rusa yang diyakini terjangkit penyakit Chronic Wasting Disease (CWD) atau lebih dikenal dengan sebutan rusa zombie.

Mereka mengalami gejala neurologis serupa dengan yang terlihat pada hewan, sehingga menimbulkan kekhawatiran bahwa CWD dapat ditularkan dari rusa ke manusia.

Penyakit ini menyerang otak dan sistem saraf sehingga menyebabkan air liur, lesu, disorientasi dan kurus.

Pusat Ilmu Kesehatan Universitas Texas di San Antonio meneliti kematian kedua pemburu tersebut pada tahun 2022. Temuan mereka menemukan bahwa penyakit tersebut mungkin telah menyebar dari hewan ke manusia.

Salah satu korban yang dibicarakan adalah seorang pria berusia 72 tahun. Dia menderita 'kebingungan dan perilaku kekerasan yang cepat' serta kejang.

Pasien meninggal dalam waktu satu bulan meskipun telah diobati.

“Riwayat pasien mencakup kasus serupa di kelompok sosialnya, menunjukkan kemungkinan penularan CWD dari hewan ke manusia,” tulis para ilmuwan dalam laporan kasus yang diterbitkan dalam jurnal Neurology seperti dilansir dari The Sun, Selasa (23/4/2024).

Teman si pemburu juga meninggal karena penyakit yang sama, namun studi baru ini tidak memberikan banyak rincian tentang kondisinya.

CWD berakibat fatal dan hingga saat ini belum ada pengobatan atau vaksin yang diketahui
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1841 seconds (0.1#10.140)