Berapa Jumlah Badak Jawa Saat Ini? Jawabannya Bikin Sedih!

Sabtu, 04 Mei 2024 - 10:00 WIB
loading...
Berapa Jumlah Badak Jawa Saat Ini? Jawabannya Bikin Sedih!
Berbagai upaya dilakukan untuk memperluas habitat badak, seperti meningkatkan patroli untuk mencegah perburuan, dan mengembangkan program pembibitan badak di penangkaran. Foto: UK National Park
A A A
UJUNG KULON - Badak Jawa menjadi salah satu satwa unik kebanggaan Indonesia yang hampir punah. Populasi badak jawa di tahun 2024 diperkirakan hanya sekitar 81 ekor saja.

Angka tersebut berdasarkan data terbaru dari Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK), yang merupakan satu-satunya habitat alami badak jawa yang tersisa di dunia.

Pada 2023, populasi Badak Jawa masih tercatat sebanyak 82 individu. Namun, pada awal tahun 2024, seekor badak jantan bernama Samson ditemukan mati karena jerat. Hal ini menyebabkan populasi badak jawa berkurang menjadi 81 individu.

Meskipun populasinya masih sangat kecil, upaya pelestarian Badak Jawa terus dilakukan oleh berbagai pihak, termasuk TNUK, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), dan organisasi non-pemerintah.

Berapa Jumlah Badak Jawa Saat Ini? Jawabannya Bikin Sedih!

Upaya-upaya tersebut antara lain dengan memperluas habitat badak, meningkatkan patroli untuk mencegah perburuan, dan mengembangkan program pembibitan badak di penangkaran.

Dengan upaya pelestarian yang berkelanjutan, diharapkan populasi Badak Jawa dapat terus meningkat di masa depan.

Badak Jawa memiliki nama latin Rhinoceros sondaicus. Badak Jawa diketahui sebagai satu dari dua jenis badak yang habitatnya hanya ada di Indonesia.



Badak Jawa juga menjadi satu dari lima spesies badak yang masih tersisa di dunia. Berdasarkan Red List Data Book IUCN, satwa ini berstatus Critically Endangered akibat sebaran populasi yang sempit, jumlah populasi yang kecil, serta tingkat risiko terhadap habitat dan populasinya.

Salah satu ciri khas dari badak Jawa adalah culanya yang hanya satu dan berukuran relatif kecil.

Ukuran kecilnya ini yang membedakannya dari cula Badak Jawa.

Badak Jawa memiliki bobot antara 900 hingga 2.300 kilogram. Sementara panjang tubuhnya berkisar antara 2 sampai 4 meter.

Badak Jawa memiliki bibir bagian atas yang meruncing. Hal ini membantunya untuk mengambil daun atau ranting sebagaimakanannya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1662 seconds (0.1#10.140)