Bagaimana Hewan Tahu Kapan Gilirannya Berkomunikasi?, Ini Penjelasannya

Minggu, 05 Mei 2024 - 06:53 WIB
loading...
Bagaimana Hewan Tahu Kapan Gilirannya Berkomunikasi?, Ini Penjelasannya
Cara hewan berkumunakasi. FOTO/ DAILY
A A A
LONDON - Hewan menggunakan berbagai isyarat tubuh untuk menunjukkan kapan mereka ingin berkomunikasi, seperti postur, gerakan ekor, dan ekspresi wajah.



Hewan juga menggunakan suara untuk mengkomunikasikan giliran mereka, seperti gonggongan, mengeong, kicau, dan jeritan. Nada, volume, dan pola suara dapat bervariasi untuk menyampaikan maksud yang berbeda.

Hewan menggunakan berbagai isyarat, baik visual maupun non-visual, untuk mengetahui kapan giliran mereka berkomunikasi. Berikut beberapa contohnya:

Ikan Aduan Cupang: Dalam penelitian yang disebutkan sebelumnya, ikan cupang menggunakan gerakan insang yang terbuka lebar sebagai isyarat bergiliran.

Ikan yang satu akan melebarkan insangnya, kemudian ikan lainnya akan melakukan hal yang sama setelah beberapa saat. Hal ini membantu mereka untuk menghindari tumpang tindih dan memastikan bahwa setiap ikan memiliki kesempatan untuk berkomunikasi.

Primata: Primata seperti kera dan simpanse menggunakan berbagai ekspresi wajah, gerakan tubuh, dan vokalisasi untuk berkomunikasi satu sama lain.

Mereka juga memperhatikan isyarat visual dari individu lain, seperti kontak mata dan postur tubuh, untuk mengetahui kapan giliran mereka berbicara.

Burung: Burung menggunakan kombinasi nyanyian, tarian, dan tampilan bulu untuk berkomunikasi. Mereka juga memperhatikan isyarat visual dari burung lain, seperti gerakan kepala dan ekor, untuk mengetahui kapan giliran mereka bersuara.

Lebah: Lebah menggunakan tarian khusus untuk memberi tahu lebah lain di mana mereka menemukan makanan. Tarian ini mencakup gerakan dan suara yang kompleks yang dapat dipahami oleh lebah lain. Lebah lain kemudian bergiliran mengikuti tarian untuk menemukan makanan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1967 seconds (0.1#10.140)