Flyby Europa NASA Deteksi Sesuatu Bergerak di Bawah Es

Minggu, 19 Mei 2024 - 11:52 WIB
loading...
Flyby Europa NASA Deteksi...
Flyby Europa NASA . FOTO/ BGR
A A A
BERLIN - Permukaan Europa yang terkenal dengan retakannya menunjukkan bahwa kerak es di atasnya bergantung pada air di bawahnya.

BACA JUGA - Tragis, Inilah 5 Misi Luar Angkasa yang Mengalami Musibah

Lebih menarik lagi, kunjungan Juno baru-baru ini mengungkapkan kemungkinan aktivitas yang terlihat, yang jika benar, akan memungkinkan misi di masa depan untuk mengambil sampel lautan dalam tanpa perlu mendarat.

Hampir dua tahun sejak Juno melakukan pendekatan terdekatnya ke Europa, namun datanya masih terus dianalisis. Hebatnya, meskipun telah mengorbit Jupiter sejak 2016, lima gambar yang diambil Juno pada 29 September 2022 adalah foto close-up pertama Europa sejak kunjungan terakhir pesawat ruang angkasa Galileo pada tahun 2000.

Hal ini bisa dibilang merupakan pengabaian yang mengejutkan terhadap salah satu dunia paling menarik di Tata Surya, namun hal ini mungkin juga memberikan dasar yang panjang untuk melihat apa yang telah berubah.

Europa adalah objek paling halus di Tata Surya, berkat permukaannya yang terus didorong oleh lautan di dalamnya.

Namun, bukan berarti datar, dan Juno melihat beberapa depresi berdinding curam selebar 20 hingga 50 kilometer (12 hingga 31 mil) dan pola retakan yang dianggap sebagai indikasi "pengembaraan kutub yang sebenarnya".

"Pengembaraan kutub yang sebenarnya terjadi jika cangkang es Europa dipisahkan dari bagian dalamnya yang berbatu, sehingga mengakibatkan tingkat tekanan yang tinggi pada cangkang, yang mengarah pada pola retakan yang dapat diprediksi," kata Dr Candy Hansen dari Planetary Science Institute dalam sebuah pernyataan seperti dilansir dari IFL Sceience.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2348 seconds (0.1#10.140)