Inilah Planet 9 yang Diyakini Ilmuwan Bersembunyi di Tata Surya

Jum'at, 24 Mei 2024 - 18:35 WIB
Inilah Planet 9 yang Diyakini Ilmuwan Bersembunyi di Tata Surya
Tata Surya. FOTO/ IFL SCIENCE
LONDON - Para ilmuwan menduga keberadaan planet raksasa yang tak terlihat di tata surya kita. Planet ini, yang dijuluki " Planet Sembilan " atau "Planet X", diperkirakan jauh lebih besar dari Bumi dan mengorbit Matahari pada jarak yang sangat jauh.

Bukti keberadaan Planet Sembilan masih bersifat tidak langsung, didasarkan pada efek gravitasinya pada objek-objek lain di tata surya.

Para astronom mengamati bahwa beberapa objek di Sabuk Kuiper, wilayah di luar Neptunus yang dipenuhi dengan benda-benda es, memiliki orbit yang aneh yang tidak dapat dijelaskan hanya dengan gravitasi dari delapan planet yang diketahui.

Perhitungan menunjukkan bahwa gravitasi planet masif yang tak terlihat di luar Sabuk Kuiper dapat menjelaskan orbit-orbit aneh ini.

Meskipun belum ada pengamatan langsung Planet Sembilan, para astronom terus mencarinya menggunakan teleskop yang kuat di Bumi dan di luar angkasa.

Sampai sekarang, menurut ahli antariksa Sara Webb, ilmuwan masih terus mencari "planet kesembilan" yang misterius. Jarak "planet 9" dari Matahari diperkirakan 20 kali lebih jauh dibandingkan dengan jarak Neptunus dan Matahari.

Kendala yang dihadapi astronom adalah teknologi. Dengan teknologi yang tersedia saat ini, masih mustahil memindai planet yang orbitnya sejauh itu.

Planet raksasa yang masih tersembunyi tersebut diperkirakan 10 kali lebih besar dari Bumi. Untuk sekali mengelilingi Matahari, "planet 9" diduga membutuhkan waktu 10.000 hingga 20.000 "tahun Bumi".

Jika astronom tidak bisa menetapkan posisi "planet 9", kenapa dunia astronomi yakin bahwa planet itu ada di luar sana?

"Astronom punya alasan yang kuat menghabiskan ratusan jam untuk mencari lokasi planet kesembilan. Alasannya, semua yang kita ketahui tentang Tata Surya tidak masuk akal, jika Planet 9 tidak ada," kata Webb dikutip dari Science Alert.