Sungai di Alaska Berubah Warna Menjadi Orange, Iluwan Ungkap Hal Ini

Minggu, 26 Mei 2024 - 08:03 WIB
Sungai di Alaska Berubah Warna Menjadi Orange, Iluwan Ungkap Hal Ini
Sungai di Alaska Berubah Warna Menjadi Orange. FOTO/ Science Alert
ALASKA - Beberapa sungai di Alaska yang dulunya jernih dan biru kehijauan kini berubah warna menjadi oranye karat, begitu pekatnya hingga terlihat dari luar angkasa.

BACA JUGA - Jet Tempur Rusia Terdeteksi Berada Dekat Alaska

Seperti dilansir dari IFL Science, (26/5/2024), fenomena ini pertama kali diamati pada tahun 2018, dan sejak saat itu, para ilmuwan telah bekerja keras untuk mengungkap penyebabnya dan dampaknya.

Perubahan warna perairan Alaska yang jernih menjadi oranye memang mengejutkan dan menimbulkan kekhawatiran. Para ilmuwan masih menyelidiki penyebab pasti fenomena ini, namun beberapa teori utama telah diajukan:

Saat permafrost mencair, ia melepaskan mineral dan bahan organik yang tersimpan di dalamnya. Mineral ini, seperti besi, dapat bereaksi dengan oksigen di udara dan air, menghasilkan warna oranye.

Bakteri: Bakteri tertentu dapat hidup di permafrost yang mencair dan membantu melarutkan besi. Besi yang terlarut ini kemudian dapat bereaksi dengan oksigen dan air, menghasilkan warna oranye.

Pencemaran dari sumber seperti tambang atau tumpahan bahan bakar juga dapat menyebabkan perubahan warna air. Namun, para ilmuwan percaya bahwa ini tidak mungkin menjadi penyebab utama dalam banyak kasus perubahan warna oranye ini, karena lokasinya yang terpencil dan kurangnya aktivitas manusia di daerah tersebut.

Perubahan warna air ini dapat memiliki dampak signifikan pada ekosistem. Zat besi terlarut dapat beracun bagi ikan dan hewan air lainnya. Warna oranye juga dapat mengurangi penetrasi sinar matahari ke dalam air, yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman air dan plankton.

Para ilmuwan terus meneliti fenomena ini untuk lebih memahami penyebabnya dan dampaknya. Penelitian ini penting untuk mengembangkan solusi untuk mencegah atau mengurangi perubahan warna air di masa depan.