Runtuhnya Pulau Paskah, Ilmuan Pastikan Mitos Ecocide Terbantahkan

Senin, 24 Juni 2024 - 08:34 WIB
loading...
Runtuhnya Pulau Paskah,...
Pulau Paskah. FOTO/ BBC
A A A
JAKARTA - Selama bertahun-tahun, kisah tentang Pulau Paskah telah diceritakan sebagai contoh tragis "ecocide", di mana penduduk pulau menghancurkan lingkungan mereka sendiri dan menyebabkan keruntuhan peradaban mereka.



Seperti dilansir dari Science Alert, namun, penelitian baru menunjukkan bahwa cerita ini mungkin tidak sepenuhnya benar.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa populasi Pulau Paskah mungkin tidak sepadat yang diperkirakan sebelumnya, dan bahwa praktik pertanian mereka kemungkinan berkelanjutan.

Hal ini menunjukkan bahwa faktor lain, seperti penyakit yang dibawa oleh orang Eropa dan perdagangan budak, mungkin lebih berperan dalam keruntuhan masyarakat pulau itu.

Temuan ini penting karena menantang naratif lama tentang kehancuran diri sendiri dan menunjukkan bahwa masyarakat pulau Pasifik mungkin jauh lebih tangguh dan mampu beradaptasi daripada yang diperkirakan sebelumnya.

Analisis taman batu menunjukkan bahwa populasi Pulau Paskah mungkin jauh lebih kecil daripada yang diperkirakan sebelumnya, tidak cukup besar untuk menyebabkan kerusakan lingkungan yang parah.

Bukti menunjukkan bahwa penduduk pulau memiliki praktik pertanian yang berkelanjutan yang memungkinkan mereka untuk hidup dari sumber daya pulau.

Penyakit yang dibawa oleh orang Eropa, perdagangan budak, dan konflik kemungkinan memainkan peran yang lebih besar dalam keruntuhan masyarakat pulau itu.

Penelitian ini masih berlangsung, dan para ilmuwan terus mempelajari sejarah kompleks Pulau Paskah. Namun, temuan awal ini menunjukkan bahwa kita perlu merevisi pemahaman kita tentang masa lalu pulau dan peran yang dimainkan manusia dalam lingkungannya.

Penting untuk dicatat bahwa penelitian ini tidak meremehkan dampak manusia terhadap lingkungan. Aktivitas manusia dapat menyebabkan kerusakan lingkungan yang signifikan, dan penting bagi kita untuk berkelanjutan dalam praktik kita.

Namun, kisah Pulau Paskah adalah pengingat bahwa cerita kompleks dan tidak boleh disederhanakan menjadi cerita tentang kehancuran diri sendiri.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1523 seconds (0.1#10.140)