NASA Pastikan Peristiwa Luar Biasa Akan Terjadi di Antariksa Sebentar Lagi

Minggu, 26 Mei 2024 - 13:12 WIB
NASA Pastikan Peristiwa Luar Biasa Akan Terjadi di Antariksa Sebentar Lagi
Peristiwa Luar Biasa Akan Terjadi di Antariksa . FOTO/ IFL SCIENCE
NEW YORK - Dunia bersiap untuk menyaksikan fenomena luar biasa yang kemungkinan besar pertama kali tercatat dalam naskah abad pertengahan: ledakan nova T Coronae Borealis (T CrB), juga dikenal sebagai Bintang Blaze.

Bintang ini, sebenarnya merupakan sistem bintang biner yang terdiri dari katai putih dan raksasa merah, biasanya tidak terlihat dari Bumi tanpa bantuan teleskop.

Terletak 3.000 tahun cahaya dari Bumi, gravitasi katai putih secara perlahan menarik material dari raksasa merah, yang pada akhirnya menghasilkan peristiwa sekali seumur hidup (atau dua kali jika Anda sangat beruntung).

"Bintang-bintang tersebut berada cukup dekat sehingga ketika raksasa merah menjadi tidak stabil karena meningkatnya suhu dan tekanan dan mulai mengeluarkan lapisan luarnya, katai putih mengumpulkan materi tersebut ke permukaannya," jelas NASA dalam keterangan persnya Minggu (26/5/2024).

"Atmosfer dangkal dan padat di katai putih pada akhirnya memanas hingga menyebabkan reaksi termonuklir yang tak terkendali - yang menghasilkan nova yang kita lihat dari Bumi."

Fenomena ini terjadi setiap 80 tahun sekali. Kita mengetahuinya karena pengamatan pada tahun 1866 dan 1946, ketika sistem bintang menjadi terang beberapa ribu kali lipat dan terlihat dengan mata telanjang. Bintang tersebut tampak hampir sama terangnya di langit seperti bintang utara kita, Polaris.

Ini mungkin bukan pertama kalinya nova diamati. Pada bulan Desember 1787, Pendeta Francis Wollaston mengamati dan mendokumentasikan sebuah bintang di posisi T Coronae Borealis, kemungkinan besar adalah Bintang Blaze yang sekali lagi mengalami nova.

Namun, kita mungkin memiliki deskripsi yang jauh lebih tua tentang bintang tersebut, dari abad ke-13 di Bavaria.

Naskah abad pertengahan tersebut menggambarkan "bintang baru" yang muncul di langit dan bersinar terang selama beberapa bulan. Para astronom percaya bahwa deskripsi ini kemungkinan merujuk pada ledakan nova T CrB sebelumnya.

Jika Anda ingin melihat sendiri fenomena luar biasa ini, Anda harus bertindak cepat. Para astronom memprediksi bahwa nova akan mencapai puncaknya dalam beberapa minggu ke depan.

Meskipun tidak akan terlihat terang seperti pada tahun 1866 dan 1946, kemungkinan masih akan terlihat dengan mata telanjang di bawah langit yang gelap.

Ini adalah kesempatan sekali seumur hidup untuk menyaksikan peristiwa kosmik yang jarang terjadi ini. Jadi, pergilah ke luar, pandanglah ke langit, dan lihatlah sendiri keajaiban alam semesta.