Aurora Terbesar Muncul, Pecahkan Rekor 500 Tahun

Senin, 27 Mei 2024 - 21:25 WIB
loading...
A A A
"Kami akan mempelajari peristiwa ini selama bertahun-tahun. Ini akan membantu kami menguji batas-batas model dan pemahaman kami tentang badai matahari," kata Teresa Nieves-Chinchilla, penjabat direktur Kantor Analisis Cuaca Luar Angkasa Bulan ke Mars NASA.

Aurora biasanya terjadi di daerah kutub medan magnet Bumi paling lemah. Namun, selama badai geomagnetik yang signifikan, radiasi matahari dapat meluas lebih jauh.

Di Belahan Bumi Utara, aurora dari badai baru-baru ini terlihat sejauh selatan Florida dan Meksiko dan di beberapa bagian Eropa. Di Belahan Bumi Selatan, aurora diamati sejauh utara Kepulauan Galapagos, menurut fotografer aurora Chris Wickland di platform sosial X. Namun, penglihatan ini belum diverifikasi oleh organisasi ilmiah atau sumber berita.

Selain itu, aurora terlihat di Belahan Bumi Selatan sejauh utara Kaledonia Baru, negara kepulauan di Samudera Pasifik antara Australia dan Tonga. Fotografer Frédéric Desmoulins menangkap gambar mencolok dari cahaya merah muda yang menerangi langit, kemungkinan foto aurora pertama yang diambil di pulau itu.
(msf)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2841 seconds (0.1#10.140)