Fosil Stegosaurus Hampir Utuh Dilelang Rp91 Miliar, Ilmuwan Protes Keras

Jum'at, 31 Mei 2024 - 09:54 WIB
loading...
A A A
"Jika apa yang dikatakan rumah lelang itu benar, dan apa yang saya lihat di foto-foto ini asli, maka kerangka ini benar-benar milik museum, di mana ia dapat dilestarikan, dipelajari oleh para ilmuwan, dan dipajang untuk menginspirasi orang-orang dari semua lapisan masyarakat," katanya.

"Sangat memalukan ketika fosil seperti ini, yang bisa mendidik dan membangkitkan rasa ingin tahu banyak orang, menghilang begitu saja ke dalam rumah seorang oligarki."

"Apex" ditemukan di Formasi Morrison di Moffat County, Colorado pada Mei 2022. Butuh lebih dari setahun untuk menggali spesimen tersebut sepenuhnya, yang ditemukan memiliki bukti artritis, menunjukkan bahwa ia hidup sampai usia lanjut, tanpa tanda-tanda cedera akibat pertempuran atau predasi.

Penawar tertinggi akan menerima salinan data pemindaian dinosaurus, ditambah lisensi penuh untuk menggunakan data 3D apa pun sesuka mereka.

Ini, menurut Sotheby's, "akan memungkinkan informasi utama tentang dinosaurus tetap bersama spesimen dan mempromosikan kolaborasi dalam penelitian dan pendidikan di masa depan."



Namun, Brusatte berpendapat bahwa penelitian dan pendidikan akan lebih baik dilayani jika fosil tersebut dimiliki oleh sebuah institusi yang memiliki keahlian dalam bidang dinosaurus.

"Orang-orang super kaya akan selalu mampu mengalahkan museum ketika dinosaurus dijual di pasar terbuka, jadi harapan saya adalah jika ada seseorang dengan sarana untuk membeli fosil seperti ini, dan fosil ini menarik perhatian mereka, bahwa mereka menyumbangkannya ke museum," kata Brusatte.

Cassandra Hatton, kepala global sains Sotheby's, menggambarkan Apex sebagai "salah satu fosil terbaik dari jenisnya yangpernahdigali."
(dan)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1406 seconds (0.1#10.140)