Spesifikasi Tank Altay Turki, MBT yang Akan diproduksi Secara Masal

Selasa, 04 Juni 2024 - 12:23 WIB
loading...
Spesifikasi Tank Altay Turki, MBT yang Akan diproduksi Secara Masal
Spesifikasi Tank Altay Turk. FOTO/ DAILY
A A A
JAKARTA - Tank Altay Turki dikabarkan jadi salah satu Main Battle Tank (MBT) yang baru saja diproduksi secara masal. Rencana produksi masal MBT ini sebenarnya telah ramai diberitakan pada tahun 2023 lalu, namun baru tahun ini dapat terlaksana.



Tank yang diproduksi oleh BMC Defence ini berada di bawah naungan Presidensi Industri Pertahanan. Altay telah mengalami beragam penyempurnaan penting untuk menyelaraskan dengan kebutuhan peperangan kontemporer.

Tank Altay Turki ini diklaim memiliki fitur tambahan, adopsi sistem digital semakin terintegrasi yang memungkinkan deteksi, penargetan, dan keterlibatan elemen musuh secara lebih tepat dan cepat.

Spesifikasi Tank Altay Turki (H2)


Untuk spesifikasi dimensi, tank yang dioperasikan oleh empat orang ini memiliki panjang 7,3 meter, lebar 3,9 meter, dan tinggi 2,6 meter.

Altay memiliki berat 65 ton dan dapat mencapai kecepatan maksimum 70 km per jam dan memiliki jangkauan operasional 500 km.

Sementara dari sisi persenjataan, MBT ini dibekali dengan meriam utama kaliber 120 mm, remote control weapon station dengan senapan mesin 7,62 mm atau 12,7 mm, dan senapan mesin koaksial 7,62 mm.

Perlindungan Altay bergantung pada lapis baja komposit modular, yang memungkinkannya menahan berbagai ancaman di medan perang secara efektif.

MBT ini juga telah diberkati dengan sistem pengendalian tembakan, sistem C3I (komando, kendali, komunikasi, dan intelijen), sistem peringatan laser, sistem identifikasi target, CBRN (kimia, biologi, radiologi, dan nuklir), sistem proteksi kebakaran, pemadam kebakaran dan pencegah ledakan.

Altay juga dilengkapi dengan sistem kesadaran situasional 360 derajat, memberikan pandangan komprehensif dan detail tentang lingkungan sekitarnya.

Itulah spesifikasi dari Tank Altay Turki. Dalam sejarahnya, kendaraan lapis baja ini telah dimulai sejak 1996 ketika kebutuhan akan MBT baru untuk Angkatan Darat Turki menyebabkan keputusan untuk mengembangkan dan memproduksi tank tersebut di dalam negeri.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1482 seconds (0.1#10.140)
pixels