Ingin Masuk Gaza, Ini Jarak dari Perbatasan Rafah ke Mesir

Rabu, 05 Juni 2024 - 17:10 WIB
loading...
Ingin Masuk Gaza, Ini Jarak dari Perbatasan Rafah ke Mesir
Jarak dari perbatasan Rafah ke Mesir mencapai 380 kilometer. (Foto: Al Jazeera)
A A A
JAKARTA - Isu Gaza kian memanas dan membuat banyak pihak menyalurkan bantuan. Satu-satunya akses ke Gaza melalui Mesir via Rafah. Kira-kira jarak dari perbatasan Rafah ke Mesir yang harus ditempuh mencapai 380 kilometer.

Rafah dan Mesir menjadi salah satu jalur untuk ke luar masuk Gaza. Jarak dari perbatasan Rafah ke Mesir relatif paling dekat dan bersebelahan. Rafah satu-satunya jalur penyeberangan yang sebelumnya tidak dikelola oleh Israel dan menjadi jalur penghubung bagi warga Palestina di Gaza.

Rafah kini menjadi topik hangat di dunia akibat penyerangan Israel. Akses masuk melalui penyeberangan Rafah kini dikontrol langsung oleh Mesir. Namun, pemerintahan Israel masih mengawasi semua aktivitas di Gaza selatan dari Pangkalan Militer Kerem Shalom, yang berada di persimpangan antara Gaza, Mesir, dan Israel.



Jarak dari perbatasan Rafah ke Mesir sejauh 380 kilometer apabila ditempuh melalui jalur darat melalui gurun di Semenanjung Sinai. Israel mengontrol seluruh akses laut dan udara ke Gaza dan sebagian besar perbatasan darat. Untuk mencapai jalur penyebrangan Rafah membutuhkan sekitar 5-6 jam dari Kairo melalui jalur darat.

Times of Israel melansir Rabu (5/6/2024) pihak Mesir memperketat status pembatasan menjadi blokade total setelah serangan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober 2023 yang memicu serangan militer Israel di Gaza.



Bulan lalu, Israel merebut seluruh perbatasan Gaza dengan Mesir termasuk persimpangan selama serangan terhadap Hamas di kota Rafah. Penyeberangan ini juga merupakan satu-satunya jalur penghubung ke dunia luar bagi 2,3 juta penduduk di wilayah yang dikepung Israel.

Dengan ditutupnya penyeberangan perbatasan Israel, Rafah menjadi satu-satunya jalan bagi warga Gaza untuk meninggalkan jalur pantai seluas 360 kilometer persegi dan telah menjadi titik fokus upaya untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan, serta mengizinkan orang-orang yang terluka dan pemegang paspor asing untuk ke luar.

MG/Maulana Kusumadewa Iskandar
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3362 seconds (0.1#10.140)
pixels