Saksi Vina Cirebon Bermunculan, Sains Ungkap Batas Waktu Ingatan Manusia

Kamis, 06 Juni 2024 - 18:21 WIB
loading...
Saksi Vina Cirebon Bermunculan, Sains Ungkap Batas Waktu Ingatan Manusia
Saksi kasus Vina Cirebon Bermunculan. FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
CIREBON - Saksi-saksi baru dalam kasus Vina Cirebon yang terjadi 2016 lalu bermunculan. Namun faktanya secara teori ilmiah ingatan manusia punya batas waktu.



Otak manusia merupakan keajaiban biologis yang kompleks mengendalikan berbagai aspek kehidupan dan memberikan kemampuan unik untuk menyimpan ingatan dan informasi.

Seperti dilansir dari NBC News, proses penyimpanan memori dalam otak telah menjadi subjek penelitian intensif dalam ilmu saraf dan psikologi kognitif.

Memori (ingatan atau kenangan akan masa lalu) bisa menjadi misterius.) Otak manusia kira-kira memiliki berat 1 kilogram, namun bisa mengatur dan mengendalikan setiap hal yang kita lakukan.

Tidak hanya saat terjaga, bahkan ketika tidur otak kita juga tetap bekerja. Dalam kondisi istirahat, otak kita dapat menguras sekitar 20-25% energi yang ada di dalam tubuh.

Sebab, di kala istirahat, otak tetap bekerja dengan memastikan jantung kita berdetak, paru-paru kita bekerja, dan tubuh tetap hangat.

Selama kehidupan manusia, sejak lahir hingga terus bertambah usia, otak kita menerima banyak sekali informasi.

Semua informasi yang jumlahnya tidak terbatas ini dipertahankan dalam memori.

Uniknya, manusia menyimpan memori dengan perbedaan waktu, yaitu memori jangka pendek dan memori jangka panjang. Faktanya, ingatan jangka pendek manusia hanya akan bertahan beberapa detik hingga beberapa jam.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1797 seconds (0.1#10.140)
pixels