Ukuran Paus Abu-abu Semakin Mengecil Akibat Perubahan Iklim

Minggu, 16 Juni 2024 - 07:42 WIB
loading...
Ukuran Paus Abu-abu Semakin Mengecil Akibat Perubahan Iklim
Paus Abu-abu. FOTO/ DAILY
A A A
WASHINGTON - Paus abu-abu di pesisir Pasifik telah menyusut sebesar 13 persen sejak tahun 2000, menambah bukti bahwa perubahan iklim dan aktivitas manusia membuat mamalia laut menjadi lebih kurus.



Padahal, ukurannya yang mengecil akan berdampak besar pada sistem reproduksi dan menimbulkan ketidakseimbangan dalam rantai makanan.

Pacific Coast Feeding Group (PCFG) menyebutkan ada sekitar 200 paus yang merupakan bagian dari populasi mamalia laut lainnya yang hidup di habitat di laut Pasifik Timur Laut.

Paus abu-abu, yang dianggap sebagai 'penjaga ekosistem', tinggal lebih dekat ke pantai dan mencari makanan di perairan dangkal, dilaporkan memiliki bentuk tubuh yang mengecil.

“Sekarang kita tahu bahwa ukuran tubuh mereka telah menyusut selama 20 hingga 40 tahun terakhir yang mungkin merupakan tanda awal bahwa populasinya berisiko mengalami penurunan,” tutur Kevin Bierlich, asisten profesor di Oregon State University dan salah satu penulis Global Studi Perubahan Biologi, kepada AFP

Berdasarkan analisis gambar drone yang diambil antara tahun 2016 dan 2022 terhadap 130 individu, para ilmuwan menemukan bahwa paus abu-abu yang lahir pada tahun 2020 kemungkinan besar hanya akan mencapai panjang 1,65 meter.

Ini mewakili penurunan yang signifikan sebesar 13 persen dan total panjang paus abu-abu dewasa yang biasanya berukuran 11 hingga 12 meter.

Pengurangan ukuran tubuh paling signifikan terlihat pada paus betina.

Bisa juga dibandingkan dengan rata-rata tinggi badan wanita Amerika yang menurun 1,6 meter menjadi 1,4 meter dalam dua dekade.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1800 seconds (0.1#10.140)
pixels