4 Perbedaan Pacet dan Lintah, dari Habitat hingga Perilaku

Jum'at, 21 Juni 2024 - 07:34 WIB
loading...
4 Perbedaan Pacet dan...
Pacet dan lintah terlihat serupa, padahal punya perbedaan mulai habitat hingga perilakunya. Foto: Wikipedia
A A A
JAKARTA - Terdapat empat perbedaan pacet dan lintah, mulai dari habitat, hingga perilaku. Kebanyakan orang menganggap jika pacet dan lintah adalah hewan yang sama, karena sama-sama menghisap darah dan memiliki bentuk serupa.

Pada dasarnya pacet (Haemadipsa) dan lintah (Hirudo) ini termasuk dalam hewan Hirudinea yang merupakan parasit hidup. Secara umum, tubuh hewan ini berbentuk agak pipih dengan tubuh posterior dan anterior yang meruncing.

Kedua hewan ini juga dilengkapi dengan alat pengisap di antaranya yang digunakan untuk bergerak dan menempel. Meski memiliki cukup banyak kesamaan, pacet dan lintah tetaplah dua spesies yang berbeda.

4 Perbedaan Pacet dan Lintah

1. Habitat
4 Perbedaan Pacet dan Lintah, dari Habitat hingga Perilaku

Perbedaan pacet dan lintah yang pertama adalah terkait dengan habitat yang mereka tinggali. Pacet biasanya ditemukan di lingkungan darat, terutama di daerah yang lembab seperti hutan hujan tropis. Mereka sering kali ditemukan di bawah daun-daun atau batang pohon yang lembab.

Sedangkan lintah umumnya ditemukan di lingkungan air, seperti sungai, danau, atau area persawahan. Sehingga hewan ini lebih sering ditemukan di dalam air ketimbang di darat.

2. Ukuran dan Penampilan
4 Perbedaan Pacet dan Lintah, dari Habitat hingga Perilaku

Lintah bisa memiliki ukuran yang bervariasi, beberapa spesies bisa tumbuh hingga beberapa sentimeter panjangnya. Warna lintah juga bervariasi, mulai dari hitam, coklat, hingga hijau dengan corak atau pola tertentu.

Pacet cenderung lebih kecil dibandingkan lintah. Warna pacet bisa bervariasi, tetapi umumnya memiliki warna yang lebih gelap seperti coklat atau hitam.

3. Makanan

Pacet biasanya memakan darah dari hewan berdarah panas, seperti mamalia. Mereka menggunakan penghisap di kedua ujung tubuhnya untuk melekatkan diri pada inang dan menghisap darah.

Sebagian besar lintah juga menghisap darah, tetapi ada juga lintah yang memakan detritus atau invertebrata kecil. Lintah menggunakan penghisap di mulut mereka untuk menempel pada inang dan menghisap darah.


4. Perilaku

Lintah biasanya menunggu inang di dalam air, dan ketika ada hewan yang lewat, mereka akan menempel dan mulai menghisap darah. Mereka dapat menghisap darah dalam jumlah yang cukup besar sebelum melepaskan diri.

Pacet sering kali lebih aktif mencari inang dibandingkan lintah. Mereka dapat merayap di tubuh inang untuk mencari tempat yang cocok untuk menghisap darah.

Itulah beberapa perbedaan pacet dan lintah, dari pernyataan di atas dapat disimpulkan jika pacet memiliki ukuran yang lebih kecil dan aktif dalam mencari mangsa ketimbang lintah yang berdiam dirididalamair.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1988 seconds (0.1#10.140)