4 Tips Melepas Gigitan Lintah Pada Kulit

Sabtu, 24 Juni 2023 - 10:05 WIB
loading...
4 Tips Melepas Gigitan Lintah Pada Kulit
Selain rasa gatal, gigitan lintah juga dapat menyebabkan iritasi kulit lokal. Beberapa orang mungkin mengalami kemerahan, bengkak atau ruam di area yang tergigit. Foto: dok Wikihow
A A A
JAKARTA - Lintah merupakan hewan kecil yang sering ditemukan di lingkungan yang lembab seperti rawa, sungai dan hutan. Meski lintah memiliki peran penting dalam ekosistem alam, gigitan lintah pada kulit manusia dapat menjadi masalah yang mengganggu.

Gigitan lintah biasanya terjadi ketika lintah melekat pada kulit manusia untuk memperoleh darah sebagai sumber makanan. Efek gigitan lintah ini beragam, mulai iritasi kulit ringan seperti gatal hingga reaksi alergi yang parah.

Selain rasa gatal, gigitan lintah juga dapat menyebabkan iritasi kulit lokal. Beberapa orang mungkin mengalami kemerahan, bengkak atau ruam di area yang tergigit.

4 Tips Melepas Gigitan Lintah Pada Kulit

Reaksi ini umumnya bersifat sementara dan akan memudar dalam beberapa hari. Namun, jika terjadi iritasi yang parah atau infeksi, perlu segera ditangani.

Jika Anda mengalami gigitan lintah, berikut ini beberapa tips yang dapat membantu Anda untuk melepaskan gigitan lintah dengan aman dan mengurangi risiko iritasi lebih lanjut:

Tips Melepas Gigitan Lintah

Gunakan Api

Lintah umumnya tidak tahan dengan hawa panasnya api sehingga menggunakan api dapat melepaskan lintah pada kulit. Cara mengusirnya adalah bakar ranting kecil disekitar Anda, lalu arahkan api tersebut ke badan lintah yang sedang menghisap kulit Anda.

Arah dan tempelkan secara perlahan agar tidak mengenai kulit Anda. Tunggu beberapa saat hingga lintah merasakan panas dan ia akan lepas dari kulit Anda.

Gunakan Bau yang Menyengat

Salah satu cara yang sering digunakan untuk melepaskan lintah adalah dengan menggunakan cairan bau menyengat seperti minyak kayu putih atau cuka. Cairan ini memiliki aroma yang kuat dan dapat membuat lintah melepaskan diri.

Caranya adalah dengan meneteskan beberapa tetes cairan tersebut di sekitar lintah yang menempel pada kulit. Biasanya, lintah akan merespons dengan melepaskan cengkeramannya dan bergerak menjauh dari bau yang tidak disukainya.

Taburkan Garam

Cara lain yang dapat Anda coba adalah dengan menggunakan garam. Garam memiliki sifat dehidrasi yang dapat membuat lintah kehilangan kelembabannya dan melepaskan diri. Caranya adalah dengan mencampurkan garam dengan sedikit air hingga membentuk pasta.

Oleskan pasta garam ini pada lintah yang menempel pada kulit dan biarkan selama beberapa saat. Setelah beberapa waktu, lintah akan melepaskan diri karena efek dehidrasi yang disebabkan oleh garam.

Gunakan Krim Anti Nyamuk
4 Tips Melepas Gigitan Lintah Pada Kulit

Krim anti nyamuk sering digunakan untuk melindungi diri dari gigitan nyamuk. Namun, ternyata krim ini juga dapat membantu melepaskan lintah dari kulit. Kandungan zat aktif dalam krim anti nyamuk, seperti DEET dapat mengganggu sistem saraf lintah dan membuatnya melepaskan gigitannya.



Cara menggunakannya adalah oleskan krim anti nyamuk secara melingkar di area kulit yang sedang dihisap lintah. Lalu oleskan secara terus menerus dan tunggu beberapa saat maka lintah akan terlepas.

Setelah melepas gigitan lintah, jangan lupa membersihkan area kulit yang terkena dengan sabun dan air bersih. Oleskan krim antiseptik atau salep antibiotik untuk mencegah infeksi. Jika terdapat gejala yang tidak membaik, seperti pembengkakan, kemerahan yang parah, atau infeksi, segera konsultasikan dengantenagamedis.

MG/Vanya Aisy Nourzaki
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2105 seconds (0.1#10.140)